testimoni

testimoni

Akan Ku Kejar Jalita Sampai Cikaum... Naik Apa Yak??


Stasiun Cikaum. Stasiun yang berada di Kecamatan Cikaum,Subang ini, sebenarnya tidaklah seistimewa Plabuan maupun Lebakjero. Namun, semenjak pemindahan Tokyu 8513 alias Jalita. Stasiun ini mendadak menjadi terkenal di antara pecinta kereta.

Tidak adanya kereta yang berhenti secara reguler di sini, tak adanya akses angkutan umum, dan jauhnya stasiun ini dari pusat kota. Menyebabkan beberapa pecinta kereta mengurungkan niatnya untuk datang ke sini. Namun ada saja pecinta kereta yang ingin sekali datang ke sini namun tidak tau bagaimana caranya. Apakah anda salah satunya? Kali ini redaksi RE-Digest akan membagikan tips untuk bisa hunting di Stasiun Cikaum ini.

Akses transportasi

Stasiun Cikaum hanya difungsikan untuk persilangan dan penyusulan saja. Sehingga tak ada kereta yang berhenti secara reguler di stasiun ini. Di sini tak ada angkutan umum. Dan juga jauh dari pusat kota Subang. Namun apabila anda ingin datang ke Cikaum. Ada beberapa rekomendasi transportasi untuk pergi ke Cikaum ini beserta ongkos yang harus dikeluarkan dan waktu tempuh yang di capai.

1.Naik Kutojaya Utara, Gaya Baru Malam, Matarmaja, Tegal Arum, maupun Tawang Jaya dari Pasar Senen lalu turun di Pegadenbaru, harga tiket berkisar 50.000-115.000. Lalu anda sambung dengan naik ojek menuju Stasiun Cikaum. Ongkosnya sekitar 20-30 ribu tergantung seberapa pintar anda menawar. Waktu tempuh sekitar 4 jam.

2.Naik bis Warga Baru dari Kampung Rambutan lalu turun di Pegaden selama kurang lebih dengan ongkos sekitar 30.000 lalu di sambung ojek ke Cikaum dengan ongkos sekitar 20-30 ribu. Waktu tempuh sekitar 7 jam

3.Jika anda datang bersama rombongan. Jauh lebih baik anda naik KA Lokal Purwakarta turun di Cikampek. Lalu anda bisa charter angkot yang mangkal di bawah fly over. Biaya sewanya sekitar 100-300 ribu tergantung pintarnya anda menawar. Waktu tempuh sekitar 6-8 jam.

Lokasi stasiun Cikaum ini cukup tersembunyi. Karena stasiun ini berada tepat di belakang gedung kantor Kecamatan Cikaum.

Namun dengan semua ongkos yang anda keluarkan dan pantat yang anda hancurkan dengan naik ojek di jalan rusak selama 2 jam. Lunas terbayar dengan udara segar pedesaan Cikaum dan bertemu dengan Jalita,05- "James Bond" 007,Tokyo Metro 7021,Tokyo Metro 6012F,dan potongan-potongan dari Tokyo Metro 7000,6000,05,dan JR 203 yang di grounded di halaman belakang stasiun.



Akomodasi

Sulit untuk melakukan one day trip ke Cikaum ini. Mengingat waktu yang anda tempuh menuju Cikaum sangatlah lama. Mungkin bagi anda yang memiliki saudara atau kerabat di Kecamatan Cikaum, ini bukanlah hal yang patut anda khawatirkan. Namun bagaimana anda yang tak punya saudara Cikaum? Jangan mengharapkan hotel atau losmen, karena hotel terdekat ada di pusat Kota Subang yang jaraknya sekitar 30 Km dari Cikaum.

Nah redaksi RE-Digest akan sedikit memberikan saran yang kurang bermanfaat dalam mencari akomodasi di Cikaum.

1.Nginep di stasiun
Kalo mau nginep di stasiun pastikan anda sudah meminta izin kepada kepala stasiun Cikaum.

2.Tidur di pos ronda
kebetulan di depan stasiun ada pos ronda. Nah anda bisa tidur di situ sembari menemani hansip dan warga yang sedang siskamling.

3.Tidur di Masjid
Tepat di seberang kantor kecamatan ada masjid. Nah anda bisa tidur di situ kalau diizinkan oleh marbot.

4.Menginap di polsek Cikaum
Absolutely not recomended!!

5.Tidur di dalam Jalita
ya itung-itung nyegah orang "ikeh-ikeh" di dalem

6.Menginap di rumah warga.
Pastinya anda harus meminta izin kepada pemilik rumah dan menghormati si empunya rumah.

Ransum

Ada Warteg,Rumah Makan Padang,Warung Bakso,dan Warung Kopi di sini. Jadi tak perlu khawatir kelaparan di sini.

Saran Selama Memotret di Cikaum

1. Jaga etika.
Warga Cikaum sangatlah ramah kepada pendatang. Jadi tolong jagalah etika dan tata krama selama berada di Cikaum.

2.Safety hunting.
Safety hunting tetap diperlukan selama anda hunting di Cikaum untuk keselamatan anda dan kenyamanan bersama

3. Sebelum memotret, pastikan anda sudah meminta izin kepada kepala stasiun. Kalo bisa sih ngasih oleh-oleh. #plak

4. Usahakan anda membawa perbekalan dan uang yang cukup. Sekalipun ada tempat makan di sini, namun alangkah baiknya jika anda bisa membawa makanan sendiri. Dan pastikan uang yang anda bawa cukup karena di sekitar Cikaum satu-satunya ATM terdekat hanya ada di Pegaden.

5.Gunakan kartu Indosat Ooredo dan Telkomsel untuk handphone anda.
Bukannya ngiklan ya. Tapi satu-satunya operator yang punya jaringan di Cikaum cuma Indosat dan Telkomsel. Itu pun sinyal cuma 1-3 garis.

Demikian tips dan saran yang bisa redaksi RE-Digest sampaikan kepada anda semua bila anda ingin berkunjung ke Cikaum. Semoga saran yang kami berikan bisa bermanfaat bagi anda.

Have a nice trip!!

Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

9 komentar:

  1. terus balik dari cikaum ke pegaden ada ojek lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saran saya sebaiknya janjian dengan tukang ojek yang mengantar kita jadi ada kepastian untuk transportasi pulang

      Delete
  2. Kalo lewat tol cipali ke st cikaum keluarnya di kalijati atau subang ya? Sy pengen ke sana nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lewat Kalijati tapi kalo mau langsung lewat Jalan Raya Pantura soalnya kita sendiri belum nyoba lewat Kalijati

      Delete
    2. kira2 kalo naik motor dari Tangerang berapa lama ya?

      Delete
  3. fungsi cikaum cuma untuk penyusulann saja mas. sudah tidak melayani persilangan smenjak jalur ganda beroperasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, akan tetapi dalam teori masih dapat melayani persilangan jika terjadi keadaan yang memaksa operasi jalur tunggal

      Delete