testimoni

testimoni

Apa Itu Sony FeliCa?


Saat ini sedang trend di kalangan penumpang KRL Commuter Line tentang Multi Trip, Gelang Multi Trip, dan Stiker Multi Trip yang menggunakan sistem yang biasa di sebut "Sonyfelica". Pasalnya saat ini semua jenis KMT yang menggunakan sistem Sonyfelica sudah bisa untuk top up atau isi ulang di loket bertanda khusus.


Hal ini pun juga sontak menimbulkan pertanyaan di kalangan penumpang awam. Apa itu Sonyfelica? Dan apa bedanya KMT Sonyfelica dengan KMT biasa?

Felica adalah sistem yang dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang, Sony Corporation. Kata "Felica" sendiri berasal dari kata "Velocity" dalam Bahasa Inggris yang artinya kecepatan. Sistem Felica ini dikembangkan untuk mempercepat proses membaca data yang ada di dalam kartu.

Data yang di simpan pada kartu yang bersistem Felica ini akan sangat sulit untuk digandakan atau dipalsukan. Sehingga secara otomatis, data yang di simpan dalam kartu sangatlah aman. Selain itu, kartu yang menggunakan Felica ini dapat dengan cepat di baca oleh card reader atau mungkin juga gate ticketing bahkan tanpa perlu menyentuh sensor yang ada di card reader atau gate ticketing.

Sehingga bisa mempercepat proses pembacaan data atau mungkin juga mengurangi antrian yang terjadi di gate akibat lamanya membaca data yang ada di kartu.

E-Ticketing yang menggunakan sistem Felica sendiri sudah ada sejak lama di Jepang. Salah satu contoh tiket yang menggunakan sistem Felica di Jepang adalah Paspo Suica milik JR East.

Paspo Suica yang sudah menggunakan sistem Sonyfelica
source
Penggunaan sistem Felica sendiri tak hanya terpaku pada E-Ticketing kereta saja. Tapi juga pada bidang lain yang memerlukan keamanan data dan resiko pemalsuan data yang besar seperti KTP, SIM, kartu pelajar, E-Commerce, dan lain-lain.

penggunaan Sonyfelica
Sistem Felica sendiri masih terbilang baru di Indonesia. PT KAI Commuter Jabodetabek adalah perusahaan pertama yang menggunakan sistem Felica itu sendiri yang digunakan untuk tiket keretanya: Multi Trip pada 2014 lalu. Sistem ini digunakan karena penggunaan Felica yang bisa diaplikasikan pada berbagai benda seperti gelang dan stiker, pembacaan data yang cepat sehingga bisa mengurangi antrian di loket dan gate, juga mencegah aksi pemalsuan Kartu Multi Trip yang bisa merugikan perusahaan.

Kartu Multi Trip X-Presi yang sudah menggunakan sistem Felica
Namun sayangnya, belum semua stasiun bisa mengaplikasikan sistem Felica ini. Hanya beberapa loket di stasiun saja yang bisa mengaplikasikan sistem Felica ini. Biasanya loket itu memiliki tanda khusus di kaca jendelanya.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo






About Gerakan Muda Penggemar Kereta Api

Selamat datang di official Google+ dari komunitas Gerakan Muda Penggemar Kereta Api. Mari bersama kita bangun kereta api Indonesia yang lebih baik!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Gambar nya hatsune miku ya? Hehe, Kalau boleh tau yang seperti itu beli di mana ya?

    ReplyDelete