testimoni

testimoni

Kereta Penumpang yang Melintasi Seikan akan Dipurnatugaskan


JR East dan JR Hokkaido, kedua anak perusahaan dari JR Group ini melakukan pertemuan pada 18 Desember lalu. Kedua perusahaan ini telah membuat kesepakatan untuk menghentikan perjalanan kereta penumpang yang melewati terowongan Seikan mulai tanggal 22 Maret. Empat hari sebelum beroperasinya Hokkaido Shinkansen.

Penghentian operasional kereta-kereta penumpang ini ini bertepatan dengan dioperasikannya Hokkaido Shinkansen yang melayani rute Shin-Aomori sampai Shin-Hokuto Hakodate (Hokuto Kota, Hokkaido) sejauh 148,8 Kilometer. Dari Shin-Nakaoguni di Honshu sampai Kikonai di Hokkaido termasuk di dalam Terowongan Seikan, akan ada intersection yang membuat jalur menjadi double gauge. Yakni 1435 mm dan 1067 mm.

Ada beberapa kereta penumpang lainnya yang melintasi Terowongan Seikan yang akan dipurnatugaskan. Yakni Limited Express Hakucho dan Super Hakucho yang akan mulai dipurnatugaskan mulai tanggal 21 Maret 2016. Super Hakucho pemberangkatan Aomori pukul 19.47 akan jadi pemberangkatan Super Hakucho yang terakhir.

Selain itu Kereta Express Malam Hanmasu yang melayani rute Sapporo-Aomori akan dipurnatugaskan mulai tanggal 20 Maret. Sebelum operasionalnya dihentikan, Hanmasu mengalami perubahan jadwal yakni berangkat dari Hakodate pukul 3.56 dan sampai di Aomori pukul 6.19 sampai penghentian operasionalnya tanggal 20. Karena perubahan jadwal ini, Hanmasu tak lagi menyambung jadwal Tohoku Shinkansen.

Kereta Penumpang Cassiopeia pemberangkatan dari Ueno tanggal 19 Maret dan sampai di Sapporo tanggal 20 Maret. Akan jadi pemberangkatan terakhir Cassiopeia. Rencananya, jalur dengan lebar sepur 1067 di Terowongan Seikan hanya difokuskan untuk angkutan barang dari Honshu ke Hokkaido maupun sebaliknya. 

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Gerakan Muda Penggemar Kereta Api

Selamat datang di official Google+ dari komunitas Gerakan Muda Penggemar Kereta Api. Mari bersama kita bangun kereta api Indonesia yang lebih baik!
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment