testimoni

testimoni

Kyoto Railway Museum Akan di Renovasi


Kyoto Railway Museum akan mengalami renovasi besar-besaran dengan memperluas tempat untuk menyimpan koleksinya dan mempercantik tampilannya. Kyoto Railway Museum akan menambah jumlah koleksinya sebanyak 53 unit kereta dari berbagai seri dan kelas sejak Agustus 2015. Rencananya renovasi akan selesai pada musim semi tahun depan dan akan diresmikan 29 April 2016.


Mengutip dari laman tetsudo-shimbun.com, redaksi RE-Digest akan membocorkan sedikit isinya kepada anda.

3D maket dari rencana perluasan Kyoto Railway Museum
sumber: tetsudo-shimbun.com

Tak hanya bisa melihat koleksi kereta. Pengunjung juga dapat merasakan fasilitas yang diberikan oleh kereta dan juga pengunjung dapat mempelajari cara kerja kereta beserta fitur-fitur keselamatannya.



Di bagian depan museum kita akan di sambut oleh kereta-kereta yang berkontribusi pada "kecepatan" di Jepang salah satunya adalah Shinkansen 0 series yang dipamerkan sebanyak 4 kereta.



Kita beralih ke "Twilight Plaza" di mana di bagian ini menggunakan kanopi generasi 2 dari Stasiun Kyoto yang di buat pada tahun 1914. Di sini dipamerkan kereta tidur Twilight Express bersama lokomotif listrik seri EF58.



Di pintu masuk bangunan utama museum kita akan di sambut oleh lokomotif uap seri 233 yang merupakan lokomotif uap buatan Jepang yang pertama.


Di hall utama anda dapat melihat (dari kanan) Kiha 381,JR E183 dan Shinkansen 500 series.


Di bagian lokomotif diesel anda di perbolehkan untuk melihat kolong dari DD 55.

Kita naik ke lantai 2. Di lantai 2 anda bisa belajar mengemudikan kereta api dengan aman,baik,dan benar menggunakan simulator yang terhubung dengan kereta model yang terdapat di balik jendela kaca. Dari kereta model ini anda juga dapat belajar tentang bagaiamana sistem ATC (Automatic Train Controller) dan ATS (Automatic Train Stop) bekerja.


Di balkon. Kita dapat melihat Shinkansen melintas di samping museum dan kita juga bisa melihat Kyoto Tower dan Benteng Toji.



Bayu Tri Sulistyo
di kutip dan terjemahkan ke Bahasa Indonesia dari laman 
http://tetsudo-shimbun.com/article/topic/entry-561.html










About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Sedikit tambahan:

    A. Untuk yang di bagian tempat ekshibisi Twilight Plaza, unit yang dipajang adalah rangkaian nomor 1 dari Twilight Express, dengan nomor unit yang dipajang yaitu:

    1. SuRoNeFu 25-501 (kereta tidur kelas A)
    2. OHa 25-551 (kereta lobby)
    3. SuShi 24-1 (kereta makan)
    4. KaNi 24-12 (kereta pembangkit)
    5. EF81-1O3 (lok penarik dari Osaka sampai Aomori, eks dipo Tsuruga)

    Tidak hanya itu, yang dipajang juga adalah:

    1. EF58-150 (eks dipo Miyahara, dicat biru polos dengan warna krem di muka untuk keperluan ekshibisi. Ketika masih dapat dioperasikan di lintas utama sebelum dipindah ke museum, lok ini dicat dengan livery coklat ala era JNR)
    2. EF65-1 (lok listrik paling pertama di grup EF65, dicat dengan livery aslinya yaitu biru polos dengan warna krem di muka)
    3. ORoNe 24-4 (kereta tidur kelas A milik Nihonkai, eks dipo Aomori)

    Lalu ada pula KuHa 103-1, yaitu unit top number dari semua KuHa 103 (untuk kategori model produksi), dicat warna coklat Osaka Loop Line

    Kemudian ada ralat:

    Di dalam bangunan utama sendiri yang dipajang bersama dengan seri 500 (dari rangkaian W1) itu adalah KiHa 81-3 (salah satu unit KRD limited express pertama milik JNR) dan KuHaNe 581-35 (eks 583 yang beroperasi di layanan "Kitaguni". Unitnya sendiri adalah driving car sisi Niigata dari rangkaian KiTo B06, dimana rangkaian ini sendiri milik dipo Kyoto).

    Sekian,

    Arya Dwi Pramudita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ralat, yang KuHa 103-1 itu liverynya oranye vermilion, bukan coklat.

      Delete