testimoni

testimoni

Mengunjungi Pasar Jumat Pagi Stasiun Gunung Putri


Stasiun Gunung Putri. Stasiun non aktif ini berlokasi di Desa Gunung Putri, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Stasiun ini berada di antara Stasiun Cibinong dan Stasiun Nambo. Tak ada aktifitas di stasiun ini baik penjualan tiket maupun naik-turun penumpang Commuter Line Nambo.Ya namanya juga stasiun mati ya kagak ada lah.

Namun lain cerita ketika anda mengunjungi stasiun ini pada hari Jumat pagi. Stasiun ini berubah bak pasar malam

Stasiun ini sangat ramai dengan pedagang dan pembeli. Inilah, Pasar Jumat Pagi Stasiun Gunung Putri. Pasar ini sudah ada semenjak dihentikannya operasional KRD Nambo pada 2005 silam. Pasar ini di buka dari jam 8 pagi sampai menjelang waktu Sholat Jumat.

Pedagang tak hanya berdagang di atas peron stasiun. Bahkan hingga tumpah ruah ke jalur kereta 





Berbagai macam barang di jual di sini. Mulai dari makanan, minuman, pakaian, peralatan rumah tangga, kosmetik, hingga onderdil kendaraan bermotor. Persis seperti pasar malam yang ada di desa-desa.




Namun jalur Nambo saat ini bukanlah jalur mati lagi. Saat ini sudah ada layanan KRL Commuter Line tujuan Duri yang sering melintas di sini, sehingga resiko rusaknya barang dagangan akibat terlindas kereta dan pedagang maupun pembeli yang terserempet Commuter Line meningkat. Lantas bagaimana bila kereta lewat? 

Ada dua orang warga yang berjaga di ujung pasar, baik di arah Cibinong maupun dari arah Nambo. Ketika ada kereta lewat, mereka akan meniupkan peluit dan memberitahukan semua yang ada di pasar bahwa akan ada kereta lewat. Maka secara otomatis aktifitas jual-beli dihentikan sementara. Tenda-tenda yang menghalangi jalur rel di lipat dahulu. Barang dagangan disingkirkan dari jalur rel.
Pedagang dan pembeli menyingkir dari jalan rel dan membiarkan kereta lewat.



Setelah kereta lewat, pedagang kembali membuka tenda mereka dan menggelar barang dagangan mereka. Aktifitas jual-beli pun kembali normal seperti tidak terjadi apapun. Hmm... unik juga ya.



Apabila anda ingin melihat keunikan pasar ini. Anda dapat mengunjunginya dengan naik KRL Commuter Line tujuan Nambo pemberangkatan jam 7.08 dari Duri lalu turun di Nambo. Dari Nambo anda bisa naik angkot yang rutenya di buka sendiri oleh warga lalu turun di pos polisi Gunung Putri dengan ongkos sekitar 5 ribu Rupiah. Atau anda juga bisa naik ojek dengan ongkos sekitar 10-15 ribu Rupiah.

Selamat berbelanja!!

Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment