testimoni

testimoni

Pemkot Sendai Membuka (lagi) Jalur Tozai Line



Kota Sendai membuka kembali jalur metronya yang kedua setelah 4 tahun tidak beroperasi semenjak gempa dan tsunami yang menimpa Perfektur Fukushima pada 2011 lalu. Pembukaan ini dilakukan pada 6 Desember kemarin.

Rute Tozai Line sejauh 13,9 Km yang menghubungkan Arai di timur Distrik Wakabayashi, yang mengalami kerusakan parah pada gempa dan tsunami pada Maret 2011 lalu, dengan pusat Kota Sendai dan Yagiyama Dobutsu Koen di sebelah barat Distrik Taihoku.

Double standard gauge diterapkan di jalur ini, yakni menggunakan lebar spoor 1435 mm. Menggunakan LAA 1500 Volt DC sebagai sumber tenaga. Melayani 13 stasiun termasuk interchange dengan Namboku Line yang menggunakan lebar spoor 1067, lintas utama, dan Tohoku Shinkansen di Stasiun Sendai. Waktu perjalanan dari Arai sampai Yagiyama Dobutsu Koen memakan waktu sekitar 26 menit dan diperkirakan akan mengangkut penumpang sebanyak 80.000 orang per hari.

Jalur ini akan menggunakan KRL seri 2000 buatan Kinki Sharyo dengan 4 kereta dalam satu setnya sebanyak 15 set. Kereta ini dilengkapi dengan penyesuai gradien otomatis. Perawatan kereta akan dilakukan di Balai Yasa Arai.

Jalur ini di buka kembali bersamaan dengan dibangunnya permukiman penduduk baru di sekitar Stasiun Arai. Permukiman penduduk itu diperkirakan akan di huni oleh sekitar 20.000 jiwa. Kebanyakan penduduk yang tinggal di permukiman itu adalah penduduk yang pindah dari kawasan rawan tsunami di pesisir Pasifik sebagai bagian dari program relokasi pemerintah Jepang.

Bayu Tri Sulistyo | RE-Digest
sumber

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment