testimoni

testimoni

Setelah Lebih dari Seabad Lokomotif di Dasar Terusan Panama Diangkat


Lokomotif yang diangkat. Sumber foto: Vintage News

Panama-RE Digest. Satu lokomotif uap dan 15 gerbong barang di angkat dari dasar Danau Gatun yang berada di Terusan Panama. Lokomotif dan gerbong barang ini sudah berada di dasar Danau Gatun semenjak 1910 ketika Amerika Serikat menenggelamkan dipo kereta yang ada di sana untuk memperluas Danau Gatun guna memperlancar lalu lintas kapal dari Samudera Atlantik ke Samudera Pasifik maupun sebaliknya.

Gerbong barang dan lokomotif yang berhasil di angkat
sumber
Kereta-kereta ini sebenarnya adalah milik sebuah perusahaan Prancis yang bangkrut ketika melakukan proyek pembangunan Terusan Panama pada 1885 kemudian diteruskan oleh Amerika Serikat. Kereta-kereta ini dahulunya digunakan untuk mengangkut sisa tanah galian pembangunan kanal yang menghubungkan Samudera Atlantik sampai Samudera Pasifik. 

Foto Kereta saat digunakan untuk mengangkut sisa tanah galian
sumber
Pengangkatan gerbong barang dan lokomotif ini dilakukan menggunakan kapal crane Salvage berbendera Panama. Beberapa bulan sebelumnya para penyelam sudah mempelajari kondisi kereta yang pada saat itu ditumbuhi alga yang sangat lebat.

Kondisi lokomotif usai di angkat
sumber

Kondisi gerbong-gerbong barang yang dahulu di pakai mengangkut tanah galian
sumber
Ricardo Martinelli, Menteri Bidang Terusan Panama mengatakan bahwa ini merupakan harta karun terbesar dari era kejayaan Prancis di Panama dan seluruh masyarakat harus tau.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo





About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment