testimoni

testimoni

Gustav, Meriam Rel Terbesar di Dunia

Hitler dan para jenderal Nazi saat menginspeksi Gustav
sumber foto
Nazi Jerman. Partai yang di pimpin oleh Kanselir Jerman Adolf Hitler ini memang penuh teka-teki dan inovasi yang tak bisa di duga. Kalau bicara inovasi armada tempur Nazi selama Perang Dunia 2, rasanya kurang lengkap kalau kita tidak membicarakan tentang Gustav. Ya, meriam rel ini terkenal sebagai tank terbesar di dunia. Ukurannya yang sangat besar tentu membuat tank dari negara manapun yang bertemu dengannya akan lari terbirit-birit.

Meriam ini sebenarnya memiliki nama asli Schewer Gustav atau dalam Bahasa Inggris di sebut dengan The Great Gustav. Meriam rel ini di buat oleh Krupp yang selesai pada akhir 1940 dan menjalani uji tembak di Rugenwald Artillery Range pada 1941.

Tank ini memiliki berat 1.344 ton, sangat berat bahkan sampai harus di rakit ulang kalau seandainya ingin diletakan di atas rel supaya tidak merusak dua jalur rel yang dilintasi olehnya. Meriam ini memiliki tinggi setara gedung 4 lantai (12 meter), lebar 20 kaki (7 meter), dan panjang 140 kaki (47 meter). Diperlukan 500 orang kru yang di pimpin oleh seorang mayor jendral untuk mengoperasikan meriam ini.

Diperlukan 3 hari penuh untuk menyiapkan meriam ini sebelum bisa dioperasikan di medan perang (lebih tepatnya 54 jam). Sudut elevasi maksimal yang bisa di gapai oleh meriam ini adalah 48 derajat (setengah siku-siku+3 derajat) dan dapat menembak dalam radius 47 kilometer. Gustav sendiri memiliki meriam dengan diameter 80 centimeter yang dapat menembak satu selongsong peluru dengan berat mencapai 7 ton.

Peluru kaliber 800 mm yang digunakan oleh Gustav disandingkan dengan seorang prajurit Nazi
sumber foto
Meriam ini pertama kali digunakan dalam pertempuran di Sevastopol, Ukraina. Perakitannya dilakukan pada awal Mei 1941 dan udah bisa digunakan pada 5 Juni 1941. Selama hidupnya, Gustav menembakkan sekitar 300 selongsong peluru ke arah Sevastopol (14 selongsong per hari) dan 30 selongsong di Warsawa, Polandia pada 1944 sebelum akhirnya dia di tangkap oleh Pasukan Sekutu dan akhirnya di rucat.

Gustav pada saat dioperasikan di medan perang
sumber foto
RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment