testimoni

testimoni

Mantab! Yangon Merilis Jalur Kereta Ringan Pertamanya


Myanmar/Burma. Jalur kereta ringan pertama di kota terbesar Myanmar, Yangon/Rangoon telah resmi di buka pada 10 Januari kemarin. Jalur sejauh 4,8 Kilometer ini merintang dari kawasan Linsadaung di timur Yangon sampai kawasan Wardan Jeti di barat Yangon. Sebenarnya jalur ini dulunya adalah jalur kereta barang yang merintang di sepanjang Jalan Raya Strand dan kemudian di elektrifikasi.

Rangkaian kereta yang digunakan adalah rangkaian bekas tram Hiroshima yang terdiri atas 3 kereta dalam satu setnya. Kereta ringan ini beroperasi dari pukul 8 pagi sampai pukul 4 sore dengan tarif hanya 100 Kyat (sekitar 1000 Rupiah saja).

Proyek kereta ringan ini merupakan buah dari kerjasama antara Pemerintah Myanmar dengan Kementrian Perkeretaapian Jepang, Japan Railway West, dan Japan Internation Co-operation Agency (JICA) yang memberikan modal sebesar USD 3 Juta untuk pembangunan dan pelatihan.

Rencananya, jalur kereta ringan ini akan diperpanjang rutenya sampai kawasan Kyeemyindaing dan membuka rute baru dari Linsadaung sampai Pazundaung sejauh 11,3 kilometer yang akan selesai pada akhir tahun 2016 ini.

Hmm.. tertarik untuk mencoba jalur kereta ringan di negeri tanah emas ini?

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
disarikan dan terjemahkan dari Railway Gazette


About Gerakan Muda Penggemar Kereta Api

Selamat datang di official Google+ dari komunitas Gerakan Muda Penggemar Kereta Api. Mari bersama kita bangun kereta api Indonesia yang lebih baik!
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment