testimoni

testimoni

Memperkenalkan Bombardier TWINDEXX Express, Kereta Cepat Antar Kota Milik Swiss

Visualisasi digital Bombardier Twindexx milik Swiss Federal Railways (SBB), yang memenangi 2 anugerah (sumber: Bombardier)
TWINDEXX Express adalah kereta dengan dua tingkat yang didesain khusus oleh Bombardier untuk Swiss Federal Railways (SBB). Kereta ini didesain sebagai respon cepat dari proposal kereta cepat antar kota yang yang diajukan oleh SBB. Kereta ini menjadi pilihan yang layak untuk layanan antar kota jarak jauh di mana stasiunnya masih memiliki peron pendek.

Varian TWINDEXX Express yang saat ini hanya dimiliki oleh SBB ini dapat melaju sampai 230 km/jam, dan tersedia dalam konfigurasi 4 kereta, 8 kereta, dan 12 kereta. Tenaga keluaran maksimalnya adalah 7500 kilowatt dengan voltase listrik aliran atas 15 kilovolt 16,7 hertz. Lebar pintu varian ini adalah 1,4 meter. 

Bombardier TWINDEXX Express milik SBB saat percobaan di Jerman (sumber: Railvolution.net, oleh Sebastian Schrader)
Bombardier TWINDEXX Express ini memiliki fitur yang cukup "wah" di antara kereta-kereta sejenis di kelasnya. Memiliki pintu masuk yang lebar, tangga yang diterangi cahaya, slot bagasi dan area sepeda yang luas, kursi kelas satu dan dua yang nyaman, restorasi di dalam kereta, akses internet nirkabel, kamera CCTV, AC ramah lingkungan, sistem panggilan darurat, dan soket listrik untuk ponsel dan alat elektronik. Kereta ini juga dirancang untuk tahan terhadap tekanan tinggi.

Kereta ini memiliki teknologi yang ramah lingkungan, di antaranya rem magnet permanen MITRAC, ThermoEfficient Climatisasion System, dan sistem kontrol manajemen energi, yang mengurangi konsumsi energi sampai 10%, meningkatkan performa kereta, mengurangi emisi karbon dioksida, dengan biaya perawatan yang lebih rendah.

Kereta ini secara resmi diperkenalkan oleh SBB pada 8 Juni 2015 yang lalu di pabrik Bombardier di Kota Villeneuve, Swiss. Pengenalan ini mengikuti kesuksesan dari serangkaian tes yang dilakukan di pabrik Bombardier di Hennigsdorf, Jerman, jalur tes Velim di Republik Ceko, dan di pabrik Villeneuve sendiri. Pada acara pengenalan ini SBB juga untuk pertama kalinya memperlihatkan bagaimana interior dari kereta ini.

Interior kereta (sumber: RailwayGazette.com, oleh Swiss Federal Railways)
SBB memesan 436 unit TWINDEXX Express pada bulan Juni 2010, dan pada awalnya akan mulai dikirimkan tahun 2012 sampai 2019. Namun, penundaan 2 tahun diumumkan pada bulan April 2014. Rencananya 7 set kereta-kereta pre-series akan mulai beroperasi di jalur-jalur SBB mulai awal 2017 mendatang, seperti yang diumumkan oleh SBB pada bulan November 2014. Sedangkan 59 set kereta produksi penuh akan disuplai pada akhir 2019, dengan 3 set tambahan akan diberikan secara gratis sebagai kompensasi dari keterlambatan dari jadwal proyek asli pada kuarter pertama 2020. Kereta ini diberi klasifikasi RABe/RABDe 520 oleh SBB.

TWINDEXX Express di Villeneuve, Swiss (sumber: RailwayGazette.com, oleh Swiss Federal Railways)
Sebelum akhirnya resmi beroperasi, SBB akan melakukan pengetesan rangkaian di sepanjang jalur kereta api di Swiss. Seperti kemarin (10/01), satu set TWINDEXX Express milik SBB terlihat sedang dites di kota Spiez, Swiss. Pengetesan akan terus dilakukan sampai bulan Desember 2016.

KLB percobaan TWINDEXX Express milik SBB melewati kota Spiez, Swiss (foto oleh ICEvelaroDavid)
Selain TWINDEXX Express, Bombardier juga telah sukses membuat TWINDEXX Vario, varian kecepatan menengah yang dioperasikan oleh Deutsche Bahn. Ada pula VIRM yang dioperasikan oleh Nederlandse Spoorwegen dan OMNEO yang dioperasikan oleh SNCF Prancis.

RE Digest | MPSCLFJRN
All photos are credited to their owners and sources respectfully
Sources that have not been mentioned above:
- European Railway Review

- Railway Technology

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: