testimoni

testimoni

Railbus Padang "Mak Buih" Akan Dipulangkan ke Tanah Jawa

Bus rel Mak Buih dan lokomotif BB3038411 
Satu set bus rel atau railbus  milik Kementerian Perhubungan yang saat ini berada di Kota Padang, Sumatera Barat, akan dipindahkan ke pulau Jawa. Bus rel yang sebelumnya hendak dioperasikan untuk kereta api Bandara Minangkabau ini rencananya akan dipindahkan ke Surakarta, Jawa Tengah, dan akan dioperasikan di sana.
Bus rel Mak Buih dengan ornamen khas ranah Minang
Bus rel yang biasa dipanggil dengan sebutan "Mak Buih" ini terdiri dari 3 kereta bernomor K3 2 11 01, K3 2 11 02, dan K3 2 11 03 dan dIbuat oleh PT. Industri Kereta Api, Madiun, Jawa Timur pada tahun 2011. Dengan pemindahannya ini, maka bus rel "Mak Buih" akan pulang ke tanah asalnya.
Bus rel ini bernomor K3 2 11 01 - K3 2 11 02 - K3 2 11 03
Seperti dilansir dari REPUBLIKA, bus rel ini akan dipindahkan sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan. Armada pengganti bus rel yang akan dikirim ke Solo ini akan didatangkan dari Korea Selatan, dan mungkin akan menggunakan KRD yang sejenis dengan yang dioperasikan sebagai Airport Railink Service relasi Medan-Kualanamu di Sumatera Utara. Namun, pemindahan bus rel ini akan menunggu armada pengganti tersebut sampai di Kota Padang. "Lokomotif yang ada saat ini dikirim ke Solo. Sebelum dikirim, kita tunggu dulu lokomotif yang didatangkan dari Korea Selatan," kata Amran, Kepala Dishubkominfo Sumatera Barat. Pemindahan bus rel ini tentunya telah melewati pertimbangan seperti pertimbangan kapasitas penumpang yang dapat ditampung.
Bus rel Mak Buih saat menjadi KLB sewaan rombongan Polda Sumbar
Sejak kedatangannya di ranah Minang, bus rel Mak Buih tidak pernah berdinas reguler. Bus rel ini hanya berdinas sebagai kereta luar biasa (KLB) yang digunakan untuk keperluan ujicoba, inspeksi, atau sewaan saja. Namun di Surakarta nanti, bus rel ini rencananya akan dioperasikan untuk KA Perintis Wonogiri dengan koridor perjalanan Wonogiri-Purwosari, menemani bus rel Batara Kresna yang sudah beroperasi sebelumnya, entah untuk menambah jumlah perjalanan atau hanya akan dioperasikan secara bergantian dengan Batara Kresna.
Bus rel Batara Kresna yang nantinya akan ditemani oleh bus rel Mak Buih
Kementerian Perhubungan telah menganggarkan Rp 127,5 miliar untuk proyek kereta api bandara Minangkabau. Jalur yang akan dilewati kereta api bandara Minangkabau adalah dari Stasiun Padang-Simpang Haru-Duku-Bandara Minangkabau, dengan panjang rel baru dari Stasiun Duku ke Bandara Minangkabau sekitar 3,9 kilometer.
Bus rel Mak Buih melintasi sebuah jembatan
Foto-foto bus rel Mak Buih oleh Maulana Nur Achsani, railfans Padang dan Yogyakarta
Foto bus rel Batara Kresna oleh TB Gemilang Pratama Adi
Dikutip seperlunya dari REPUBLIKA
RE Digest | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: