testimoni

testimoni

Terminal Khusus Maglev di Tokyo akan Segera Dibangun

sumber foto
Jepang saat ini tengah berusaha membuat inovasi-inovasi perkeretaapian baru. Salah satunya magnetic levitation atau biasa di singkat maglev. Ya, maglev merupakan salah satu terobosan teknologi perkeretaapian yang sedang dikembangkan oleh Jepang, dalam hal ini adalah Japan Railway Technical Research Institute atau biasa di singkat JRTRI.

Sempat beredar isu bahwasanya maglev yang dikembangkan oleh JRTRI ini tidak akan dioperasikan untuk umum. Alias, maglev ini hanya dipakai untuk ajang kebut-kebutan kereta kecepatan tinggi untuk masuk buku Guiness World Record dengan negara lain.

Namun sepertinya isu itu terbantahkan. Mengutip dari NHK, JR Central berencana akan membangun terminal khusus maglev di Tokyo. Pembangunan terminal ini akan di mulai minggu depan. Kereta yang memiliki kecepatan maximal 500 km/jam ini akan dioperasikan dari Tokyo sampai Nagoya sejauh 300 kilometer.

Terminal ini akan di bangun sedalam 40 meter di bawah Stasiun Shinagawa. Pembangunan jalur di bawah tanah ini bukan tanpa alasan. Kontur geografis Jepang yang bergunung-gunung tidak memungkinkan untuk membangun jalur yang sepenuhnya lurus tanpa tanjakan, turunan, maupun tikungan yang bisa menyebabkan kereta terpental karena kecepatan tingginya.

Pembangunan jalur bawah tanah maglev ini direncanakan akan rampung pada akhir tahun 2027. Apabila proyek ini terwujud, maka waktu tempuh dari Shinagawa ke Nagoya sejauh 300 kilometer dapat di tempuh hanya dalam waktu 40 menit saja.

Bagi yang penasaran gimana rasanya naik maglev bisa di lihat di video yang di sadur dari situs berita Jepang, JNN.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment