testimoni

testimoni

Ujicoba Rangkaian 8007F (K1 1 08 09 TS) Setelah Perawatan Akhir Lengkap


Tokyu 8007F telah usai menjalani perawatan akhir di Dipo Depok. Namun dari perawatan akhir ini ada perbedaan yang mencolok dari KRL ini. Yakni kini ia berganti warna menjadi merah-kuning ala KCJ dari yang sebelumnya ia berwarna biru-kuning

Sebenarnya, formasi 8007F yang ada saat ini bukanlah formasi 8007F yang asli sama seperti ketika ia baru tiba di Indonesia. Seperti Kuha 8008 sebenarnya adalah 8039 yang di renumbering. Juga kereta dengan nomer 8107, 8260, dan 8137 sebenarnya adalah kereta dengan nomer 8711, 8832, dan 8735 yang berasal dari 8511F yang di tukar entah apa penyebabnya. Untuk diketahui, formasi rangkaian tersebut adalah sebagai berikut:

No seri kereta
Penomoran Kemenhub
Keterangan
8007 
K1 1 08 09
Eks. 8039
8245
K1 1 05 07

8107
K1 1 07 02
Eks. 8711 dari 8511F
8260
K1 1 07 04
Eks. 8832 dari 8511F
8137
K1 1 07 05
Eks. 8735 dari 8511F
8204
K1 1 05 03

8108
K1 1 05 02

8008
K1 1 05 01



Jadwal KLB ini bisa di bilang terlambat karena baru berangkat Depok menuju Manggarai pada pukul 10.02 WIB dari yang seharusnya berangkad Depok menuju Manggarai pukul 9.05. Penyebab keterlambatannya adalah dampak dari rel patah yang terjadi di petak antara Lenteng Agung-Tanjung Barat.

KLB test run saat melintas di Stasiun UI
video by: Muhammad Jayeng Rizky

Livery KRL yang berwarna ala KCJ (merah-kuning) yang diaplikasikan pada Tokyu 8007F ini membuat sebagian railfans dan roker veteran Divisi terkenang akan Tokyu 8513F alias Jalita. Bagaimana tidak, Tokyu 8000 adalah saudara kembar dari Tokyu 8500. Sehingga pewarnaan Tokyu 8007F ini membuatnya terlihat identik dengan 8513F yang rusak akibat kerusuhan di Stasiun Jakarta Kota dan sudah di grounded di Stasiun Cikaum, Subang, Jawa Barat.

KRL Tokyu 8513F aka. Jalita yang rusak dan di grounded di Stasiun Cikaum

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo | Muhammad Pascal Fajrin 















About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: