testimoni

testimoni

Dana PMN untuk Pembangunan Pabrik Baru PT INKA akan Segera Dicairkan

credit to detik.com
Rumor yang beredar bahwa kabarnya pabrik PT INKA yang saat ini menempati bekas bangunan Balai Yasa Madiun akan di pindah ke Gresik semakin benar adanya. Pencairan dana Penyertaan Modal Negara atau PMN senilai 1 Triliun Rupiah dari dana APBN kepada PT INKA menguatkan indikasi itu.

Seperti yang di kutip dari gresik.co, Direktur Keuangan dan Sumber Daya PT INKA Mohamad Nur Sodiq mengatakan, dia berharap pencairan dana PMN dapat terealisasi tahun ini karena pencairan dana PMN ini sempat tertunda. 

Menurutnya, dana PMN ini akan digunakan INKA untuk membangun pabrik baru di Gresik, merevitalisasi peralatan produksi yang sudah uzur, dan untuk menopang modal kerja yang selama ini di topang oleh kredit bank termasuk dari bank Jerman, Kreditanstalt für Wiederaufbau yang membiayai pembuatan KRL-I 9000 atau biasa di sebut KFW.

Perincian penggunaan biaya PMN tersebut antara lain 60% untuk membangun pabrik baru di Gresik, 20% untuk revitalisasi peralatan, dan 20% lagi untuk modal usaha. Pembangunan pabrik baru di Gresik ini sangatlah strategis bagi INKA. Karena pabrik baru INKA rencananya dibangun dekat dengan Pelabuhan Gresik yang bisa mempermudah INKA dan mengurangi biaya untuk mendistribusikan kereta hasil produksinya baik ke luar Pulau Jawa maupun ke luar negeri.

Selain itu, dengan rencana PT Kereta Api Indonesia yang ingin kembali mengaktifkan jalur Kandangan-Indro-Gresik, dapat mempermudah INKA untuk mengirimkan rangkaian kereta baru ke semua Daop di Pulau Jawa. Diharapkan dengan dicairkannya dana PMN ini dapat meningkatkan produktifitas PT INKA agar bisa bersaing di pasar global.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo 

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment