testimoni

testimoni

EMD F125 "Spirit", Lokomotif Angkutan Penumpang Pertama dengan Standar Tier 4

Unit pertama dari lokomotif F125 "Spirit" yang dipesan oleh Metrolink, sebuah perusahaan pengangkutan swasta di Amerika Utara (foto: Wikipedia)
Setelah absen selama 12 tahun sejak 2001 sampai 2013, Electro-Motive Division yang kini menjadi anak perusahaan dari Progress Rail, divisi jalan rel dari Caterpillar, memasuki kembali pasar lokomotif penumpang.

31 Mei 2013, EMD dan Metrolink menandatangani kesepakatan pengadaan 20 lokomotif baru dengan emisi rendah, dan memenuhi standar emisi Tier 4 yang diberlakukan di Amerika Utara mulai 2015.
Saat masa perakitan (foto: Trains Magazine)
Menghasilkan 4700 tenaga kuda, lokomotif ini menurut EMD memenuhi atau melebihi semua persyaratan Metrolink untuk pengadaan lokomotif hemat bahan bakar yang sangat handal untuk layanan kereta api penumpang. Lokomotif ini dibuat dengan konstruksi monokok yang dirancang khusus oleh Vossloh Rail, sehingga terlihat dengan jelas kalau lokomotif ini memiliki desain yang sangat Eropa. Mesin yang digunakan lokomotif ini adalah Caterpillar C175, sebuah mesin 4 tak 20 silinder, dan dilengkapi dengan reduksi katalitik selektif berbasis urea. untuk memenuhi standar Tier 4.
Tampak samping lokomotif (foto: Trains Magazine)
Keseluruhan lokomotif ini dibangun di pabrik milik EMD di Muncie, Indiana. Lokomotif ini secara resmi diperkenalkan pada bulan Januari yang lalu. Pesanan untuk batch awal 20 lokomotif didukung oleh hibah 52 juta dolar AS dari South Coast Air Quality Management District. Metrolink rencananya akan menambah jumlah pesanan lokomotif ini hingga 40 unit apabila ada dana yang tersedia.

Lokomotif F125 ini akan digunakan untuk operasi single unit atau multiple unit pada layanan komuter atau antar kota. Metrolink berencana untuk memasangkan mereka dengan kereta-kereta tingkat dua buatan Hyundai Rotem. Lokomotif pertama diharapkan untuk masuk layanan pendapatan menjelang akhir tahun ini, dengan tambahan sembilan unit yang akan disampaikan pada akhir 2017.

Sebelum EMD menyatakan keluar dari pasar lokomotif penumpang pada tahun 2001, EMD membuat 2 seri lokomotif penumpang sebagai penutup, yaitu F59PH yang memulai debutnya tahun 1988 dan F59PHI yang memulai debutnya pada tahun 1994.
Metrolink F59PH (foto oleh Railbaron, diunggah ke RailPictures.net)

Metrolink F59PHI (foto oleh Clive Barlow, diunggah ke RailPictures.net)
RE Digest | MPSCLFJRN
Source (hover at text to follow link):

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment