testimoni

testimoni

INKA Dapat Dana 270 Miliar Untuk Ekspor Kereta ke Bangladesh (Lagi)

credit to Tribunnews
[12/2/16]. Saat ini PT Industri Kereta Api atau biasa disebut INKA sedang berusaha untuk menggapai pasar global dengan produksi kereta-keretanya. Nah, ada sedikit kabar gembira nih dari produsen kereta kebanggaan anak bangsa ini. PT INKA telah mendapatkan dana 270 Miliar Rupiah dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau biasa disebut Indonesia Eximbank.

Dikutip dari laman viva.co.id, LPEI resmi menandatangani pembiayaan ekspor melalui penugasan khsusu pada PT INKA senilai 270 Miliar Rupiah dengan jangka waktu penugasan sampai dengan 31 Desember 2016. Dirut LPEI Ngalim Sawega mengatakan pembiayaan atas program ekspor-impor sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan No.1156/KMK.08/2015.

Kenapa Bangladesh? Karena Bangladesh memiliki jumlah penduduk yang sangat besar sehingga diperlukan transportasi massal yang bisa mengangkut orang dalam jumlah yang besar yakni kereta api. Selain itu Bangladesh memiliki proyek pembangunan dan pengembangan perkeretaapian yang berkesinambungan.

Dan juga, proyek ekspor kereta ke Bangladesh ini juga bisa menjadi ajang promosi dan show off untuk pasar Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Timur Tengah. INKA tidak sendirian dalam menjalankan proyek ekspor kereta ini. INKA didukung oleh beberapa BUMN seperti Krakatau Steel, PINDAD, LEN, Barata, dan juga beberapa UKM.  

Ini bukanlah kali pertama bagi INKA mengekspor kereta ke Tanah Benggala itu. Pada 2007 lalu, INKA telah mengekpor rangkaian kereta yang kini digunakan sebagai rangkaian Maitree Express jurusan Kolakata-Dhaka.

rangkaian Maitree Express yang menggunakan kereta buatan PT INKA
RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment