testimoni

testimoni

Ketika Nyolong Rel Sebatang Kurang Puas. Colong Selintas Biar Greget!


[20/2/16]. Sebuah kereta penumpang dan kereta ketel anjlok secara bersamaaan di Heilbron, Afrika Selatan pada Selasa lalu (16/2/16). Kereta anjlok akibat pencurian rel yang terjadi di jalur itu. Namun, rel yang dicuri bukan sebatang-dua batang, melainkan sepanjang 3 kilometer!

Seperti dikutip dari heilbronherald.co.za, kedua kereta anjlok di dekat kawasan pertanian di Mooibank, Heilbron, Afrika Selatan pada malam hari. Kedua kereta yang hendak melintas di dekat kawasan pertanian itu tidak mengetahui kalau rel kereta didepan mereka telah dicuri karena kondisi di sana sangat gelap sehingga menyebabkan kereta anjlok dan tak bisa berjalan lagi.

kereta barang yang turut anjlok akibat pencurian rel ini
Tak tanggung-tanggung, pencuri tidak hanya mencuri relnya saja, melainkan juga bantalan besinya  sehingga yang tersisa dari jalur hanya tinggal railbednya saja. Diduga pencuri bekerja dalam kelompok besar karena pencurian ini sangat massif mengingat rel yang dicuri sepanjang 3 kilometer beserta bantalannya. Sedangkan sebatang rel saja bisa memiliki panjang 2 meter dengan bobot sekitar 1 ton. 

Diduga juga pencurian dilakukan setelah inspeksi rutin yang dilakukan oleh regu jalan dan jembatan lewat. Semak belukar yang tinggi, jauhnya permukiman penduduk dari lokasi, dan minimnya penerangan mempermudah aksi pencurian ini.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa anjloknya kedua kereta ini. Namun terpaksa perjalanan kedua kereta tidak dapat dilanjutkan karena kereta tidak bisa berjalan. Kerugian akibat pencurian rel dan bantalan sepanjang 3 kilometer ini ditaksir sekitar 2 juta Rand atau sekitar 1,8 miliar Rupiah.

hanya tersisa railbednya saja

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar: