testimoni

testimoni

Loh, Jalita Bangkit dari Kubur?

Sepintas mirip dengan Jalita (foto: Andi Ardiansyah)
27/02 - Pada hari ini, satu rangkaian KRL seri 8500 kembali berdinas dengan warna merah-kuning. Rangkaian ini dulu didatangkan dari Tokyu Corporation. Tunggu dulu, 8500? Apakah Jalita yang kembali berdinas? Kan rangkaiannya sudah dikirim ke Cikaum?
Sebagai KRL feeder (foto: Farid Nurman)
Ternyata, rangkaian yang berdinas ini merupakan kakak dari 8613F "Jalita", yaitu 8604F. Keduanya dulu pernah beroperasi di Jalur Den-en-toshi. Namun 8604F ini didatangkan 2 tahun lebih dahulu dari 8613F, yaitu pada tahun 2006. Memang dari jauh, sepintas terlihat seperti Jalita yang bangkit dari kuburnya, namun tetap saja jika dilihat lebih mendalam akan terlihat bedanya.
8613F "Jalita", rangkaian yang mati muda
Skema yang dipakai pada 8604F mengikuti skema yang dipakai oleh KRL merah-kuning yang lain, dengan sabuk kuning berada di sekitar lampu utama. Sedangkan pada 8613F, sabuk kuning itu agak turun ke bawah supaya sabuk tersebut bisa tersambung dengan striping tengah di bagian samping badan kereta. Selain itu, pada papan informasi tujuan bawaan pabrik pada 8604F juga menggunakan logo Kereta Api Indonesia, bukan tulisan "JALITA" seperti 8613F.

Kini, ada 4 rangkaian KRL yang menggunakan skema merah-kuning khas Kereta Api Commuter Jabodetabek, yaitu Tokyu 8003F, 8007F, 8604F, dan Toei 6181F. Menurut rumor yang beredar, ke depannya semua KRL yang masih berwarna biru akan dimerahkan juga seperti keempat rangkaian ini. Kapankah rangkaian-rangkaian lain ikut berganti kulit? Kita tunggu saja.

RE Digest | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment