testimoni

testimoni

Sistem Check In dan Boarding Pass akan Diujicoba Di Stasiun Bandung

sumber foto
Sistem check in dan boarding pass biasanya kita temui pada dunia aviasi atau penerbangan. Penumpang pesawat yang sudah membeli tiket harus check in dulu dengan menunjukan identitas diri dan bukti pembelian tiket di check in counter di bandara agar bisa mendapatkan boarding pass supaya bisa masuk ke apron untuk bisa naik ke atas pesawat.

Namun, mulai 22 Februari mendatang, kereta api pun juga akan menggunakan sistem check in dan boarding pass. Ya mulai 22 Februari 2016, sistem check in dan boarding pass akan diujicoba di Stasiun Bandung. Hal ini dilakukan menyusul adanya tindak percaloan dengan memalsukan identitas yang terjadi pada tiket kereta api Progo beberapa waktu lalu.

Tindak percaloan yang semakin cerdas memaksa PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan sistem check in dan boarding pass ini. Dipilihnya Stasiun Bandung sebagai "kelinci percobaan" sistem ini dikarenakan Stasiun Bandung merupakan salah satu stasiun percontohan di Indonesia dan lokasinya yang tak jauh dari Kantor Pusat PT KAI.

Sistem check in dan boarding pass pada kereta api ini sama seperti yang digunakan pada maskapai penerbangan. Penumpang yang sudah memesan tiket baik secara online maupun lewat merchant-merchan PT Kereta Api Indonesia menunjukan bukti pemesanan baik berupa e-mail, struk, maupun blanko pemesanan tiket kereta api beserta identitas diri baik KTP, SIM, Kartu Pelajar, Paspor, dan lain sebagainya. Check in ini harus dilakukan paling tidak 1 jam sebelum pemberangkatan kereta api.

Setelah check in berhasil, penumpang akan diberikan boarding pass yang nantinya akan ditunjukan beserta identitas diri kepada petugas boarding di pintu masuk supaya bisa masuk ke peron dan naik ke atas kereta. Boarding pass yang didapat juga digunakan sebagai tiket yang akan ditunjukan kepada kondektur di perjalanan.



Apabila sistem ini berhasil diujicoba di Stasiun Bandung. Nantinya akan diujicoba di stasiun percontohan lain seperti Gambir dan Pasar Senen sebelum diterapkan ke seluruh stasiun di Indonesia.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment