testimoni

testimoni

Ujicoba Rangkaian 205-137F (K1 1 14 101 TS) Setelah Bangkit dari Tidur Panjang

205-137F saat masih berdinas
Depok, 12/2 - Setelah sekian lama mendekam di dalam Balai Yasa Manggarai dan Dipo Depok, akhirnya rangkaian 205-137F (eks Kawagoe set 26, eks Urawa set 92, nomor lambung Kemenhub K1 1 14 101-110) merasakan kembali bergulir di lintasan Jabodetabek. Hari ini, rangkaian tersebut diujicoba di lintas Bogor-Manggarai. Ujicoba yang dilakukan tidak berkaitan dengan telah rampungnya perawatan akhir lengkap, karena memang rangkaian ini belum masuk jadwal untuk perawatan akhir lengkap di Balai Yasa Manggarai.

Komponen Baru

Rangkaian ini diujicoba karena baru saja mendapatkan komponen baru yang sangat vital adanya, karena tanpa komponen ini maka sebuah kereta tidak akan bisa berjalan. Komponen yang dimaksud adalah roda. Usut punya usut, ternyata apa yang membuat rangkaian ini mendekam begitu lama dan tidak berdinas adalah karena diameter rodanya sudah mencapai batas minimum. Toleransi diameter roda KRL adalah sekitar 775-780 mm dengan diameter maksimum 860 mm.
Ditarik KRD NR ke Dipo Depok karena roda tipis, kuartal keempat 2015
Apabila roda sudah mencapai batas minimum namun kereta masih dioperasikan, tentunya akan membahayakan keselamatan. Oleh karenanya, apabila ada rangkaian yang diameter rodanya mencapai batas maka status rangkaian itu akan diubah menjadi "Tidak Siap Operasi" sampai komponen rodanya diganti dengan yang baru.

KLB Ujicoba

KLB ujicoba rangkaian 205-137F ini dijalankan dengan rute Depok-Manggarai-Bogor-Depok. Rute ini merupakan rute yang biasa digunakan untuk keperluan ujicoba KRL. Menurut jadwal, KLB berangkat dari Depok menuju Manggarai pada pukul 9:05 WIB dan akan kembali tiba di Stasiun Depok pukul 12:23. Namun sayangnya, tim liputan kami tidak ada yang berhasil mengabadikan prosesi comeback rangkaian ini dikarenakan cuaca hujan dan sudah mepet waktu ibadah Salat Jumat :( Namun menurut info yang kami peroleh, KLB memang hari ini benar bergulir sesuai dengan jadwalnya.

Setelah diujicobakan hari ini, selanjutnya hasil ujicoba akan dievaluasi dan apabila tiada halangan maka rangkaian ini pun akan segera berdinas kembali. Kita tunggu saja kembalinya rangkaian ini di ranah Jabodetabek!

RE Digest | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment