testimoni

testimoni

Dari London ke Edinburgh hanya 4 Jam dengan Virgin Azuma

Virgin Azuma saat memasuki Stasiun King's Cross, London
BBC
[18/3/16]. Virgin Railway telah melakukan uji coba perjalanan Virgin Azuma terbarunya dari Edinburg ke London pada kemarin (18/3/16). Founder Virgin corp. Sir Richard Branson turut dalam uji coba armada Azuma terbarunya. Seperti dikutip dari BBC, Branson mengatakan bahwa hadirnya Azuma ini merupakan salah satu momen terpenting bagi pernumpang di pesisir timur Britania. 

Dia juga mengatakan bahwa lintas pesisir timur Britania yang pernah menjadi saksi dari kejayaan Flying Scotsman dan Mallard kini menjadi saksi dari hadirnya kereta api jarak jauh tercanggih di Britania. 

Founder Virgin corp. Sir Richard Branson saat berfoto bersama Virgin Azuma
The Guardian
Nama kereta ini sepintas memang terdengar sangat Jepang. Ya memang begitu. Karena kereta api Virgin Azuma ini merupakan buah kerjasama antara Virgin Railway dengan Hitachi. Nama "Azuma" sendiri memang diambil dari Bahasa Jepang yang berarti "timur". Bukan tanpa alasan kenapa "Azuma" dipilih sebagai nama kereta ini. 

Seperti dikutip dari The Guardian, Brian Souter Direktur Utama Stagecoach mengatakan bahwa nama Azuma ini memiliki arti mendalam bagi perkeretaapian Britania, yakni seperti hari baru bagi perkeretaapian di negeri Ratu Elizabeth itu selayaknya matahari yang terbit dari timur. Selain itu nama Azuma sendiri juga dipilih karena kereta ini nantinya akan beroperasi di lintas pesisir timur Britania.

Saat ini baru satu set Azuma yang telah diujicoba. Nantinya akan ada 65 kereta yang akan dibuat oleh perusahaan asal Jepang Hitachi dan dirakit di Newton Aycliffe, County Durham, Inggris dengan nilai investasi mencapai 5,7 miliar Poundsterling. 

Virgin mengatakan bahwa kereta ini dapat berakselerasi dari 0 mil per jam sampai 125 mil per jam hanya dalam waktu 4,5 menit. Jauh lebih cepat ketimbang KRL lamanya yang membutuhkan waktu 5 menit 10 detik dan KRDnya yang membutuhkan waktu 7 menit untuk berakselerasi sampai kecepatan yang sama.

Virgin Azuma ditargetkan mulai beroperasi untuk umum pada 2018 mendatang dan diharapkan beroperasinya Virgin Azuma ini dapat memangkas waktu tempuh dari ibukota Inggris, London ke ibukota Skotlandia, Edinburgh jadi hanya 4 jam saja.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo




About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment