testimoni

testimoni

Daripada Mudik Naik Motor Mending Motornya dinaikin ke Kereta

Harianjogja
[19/3/16]. Seperti sudah jadi tradisi, mudik lebaran selalu menjadi hajatan tahunan bagi para kaum urban yang merantau di ibukota. Mereka pergi pulang ke kampung halaman untuk beberapa alasan, ada yang pulang untuk bersilaturahmi dan melepas rindu dengan keluarga atau kerabat sampai sekedar pamer kesuksesan di ibukota.

Sebagian besar pemudik memilih pulang ke kampung halaman menggunakan sepeda motor. Meskipun berbahaya dan tidak direkomendasikan, sebagian orang memilih mudik menggunakan motor atas alasan kepraktisan dan efisiensi waktu. Sayangnya, seiring dengan pertumbuhan jumlah sepeda motor juga diiringi dengan peningkatan kemacetan dan angka kecelakaan yang disebabkan oleh pemudik sepeda motor.

Untuk mencegah hal itu, PT Kereta Api Indonesia bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia kembali mengadakan angkutan motor gratis bagi pemudik. Hal ini dilakukan untuk mengulangi kembali kesuksesan angkutan motor lebaran yang dilakukan pada musim lebaran 2015 lalu.

Untuk mensukseskan program itu, PT KAI mengerahkan 35 kereta B dengan rincian operasional sebanyak 14 untuk Lintas Pantura, 14 untuk Lintas Selatan Jawa 1, dan 7 untuk Lintas Selatan Jawa 2. Ditargetkan PT KAI dapat mengangkut 15.834 sepeda motor pada musim mudik tahun ini.

Nantinya angkutan motor gratis ini akan dioperasikan selama 6 hari masa mudik lebaran. Yakni dari H-8 sampai H-3 atau dari tanggal 28 Juni 2016 sampai 3 Juli 2016 dan 7 hari masa balik yakni dari H+4 sampai H+10 atau dari tanggal 10 Juli 2016 sampai 16 Juli 2016.

Ada 3 relasi perjalanan KA angkutan motor ini yakni:
1. Lintas Pantura (Jakarta Gudang-Surabaya Pasarturi)
2. Lintas Selatan Jawa 1 (Jakarta Gudang-Kutoarjo)
3. Lintas Selatan Jawa 2 (Jakarta Gudang-Kediri).

Persyaratannya apa aja? Terus pendaftarannya kapan? Dimana daftarnya? Persyaratannya cukup membawa KTP, SIM, dan STNK asli beserta fotocopynya masing-masing 3 lembar. Pendaftaran dapat dilakukan di Stasiun Jakarta Gudang dan Pasar Senen mulai 8 Maret 2016 lalu. Pendaftaran dibuka dari pukul 8.00 sampai 16.00.

Selain itu, masyarakat yang ingin mengirimkan sepeda motornya juga akan difasilitasi oleh Kemenhub dan PT KAI untuk pembelian tiket kereta lebaran. Untuk satu sepeda motor akan ada 1 keluarga dengan jumlah maksimal 3 orang yang akan difasilitasi. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di press release PT KAI.

Jadi gak perlu lagi deh panas-panasan naik motor buat mudik ke rumah nenek.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment