testimoni

testimoni

Hokkaido Shinkansen Resmi Beroperasi

Peresmian Hokkaido Shinkansen di Stasiun Shin-Hakodate Hokuto di Hokkaido
Asahi
[26/3/16]. Tonggak sejarah perkeretaapian Jepang kembali dibangun. Tepat hari ini (26/3/16) kereta cepat Shinkansen telah berhasil menghubungkan Tokyo di Honshu dengan Hakodate di Hokkaido. Demi mengoperasikan Hokkaido Shinkansen ini pun harus merelakan beberapa kereta tidur legendaris seperti Cassiopeia, express Hanmasu, Limited Express dan Express Hakucho untuk dimatikan demi memberi jalan bagi sang kereta peluru ini untuk melintas di Terowongan Seikan.


Seperti dikutip dari Asahi, peresmian Shinkansen ini dilakukan di dua tempat, yakni di Shin-Hakodate Hokuto dengan memberangkatkan Hayabusa no. 10 pada pukul 6.35 waktu Jepang dan dari Tokyo dengan memberangkatkan Hayabusa no. 1 pada pukul 6.32 waktu Jepang.

Di Hokkaido, pemberangkatan Hayabusa no. 10 disaksikan langsung oleh Osamu Shimada, CEO dari JR Hokkaido. Shimada mengatakan dalam pidato pembukanya bahwa beroperasinya Hokkaido Shinkansen ini berhasil mewujudkan impian dan harapan rakyat Hokkaido.

Di Tokyo, pemberangkatan Hayabusa no. 1 disaksikan oleh CEO JR East, Tetsuro Tomita. Tomita mengatakan dalam pidatoya bahwa dia berharap beroperasinya Hokkaido Shinkansen ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata tak hanya di Hokkaido tapi juga di kawasan Tohoku.

Peresmian Hokkaido Shinkansen ini juga disaksikan secara langsung oleh ratusan railfans dari seluruh penjuru Jepang juga seluruh rakyat Jepang yang menyaksikan secara langsung peresmian Hokkaido Shinkansen ini dari televisi.

Peresmian Hokkaido Shinkansen yang disaksikan oleh ratusan railfans
Kimatetsu
Jalur Hokkaido Shinkansen sendiri membentang dari Shin-Hakodate-Hokuto di Hokkaido dengan Shin-Aomori di Honshu sejauh 149 kilometer lewat terowongan bawah laut terpanjang di dunia, Seikan Tunnel. Jalur ini terhubung langsung dengan jalur Tohoku Shinkansen sehingga kereta dari Hokkaido bisa langsung menuju ke Kota Tokyo.

Rangkaian kereta yang digunakan untuk Hokkaido Shinkansen ini adalah rangkaian Shinkansen H5 Hayabusa yang memiliki warna khas hijau toska, pink, dan abu-abu. Sementara ini Hokkaido Shinkansen hanya sampai Hokuto saja. Rencananya jalur Hokkaido Shinkansen bisa mencapai Sapporo pada 2030 mendatang. 

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment