testimoni

testimoni

Jakarta ke London Tanpa Terbang? Sangat Mungkin!

"Bepergian dari Jakarta ke London tanpa terbang? Anda pasti bercanda Yang Mulia..." 
Eits, apa yang dikatakan Raja Takeshi ternyata bukan sekedar candaan. Sebagai penjelas, Jakarta adalah ibukota Indonesia dan London adalah ibukota Inggris. Ya, ini serius. Kita bisa pergi ke Inggris tanpa naik pesawat sama sekali! Bagaimana caranya? Berikut REDaksi sajikan khusus untuk sobat railfans, Jakarta - London dengan tarif termurah tanpa terbang!

Catatan: Warga Negara Indonesia bebas visa selama bepergian di wilayah ASEAN. Nikmati perjalanan dari Singapura hingga Vietnam tanpa perlu repot mengurus formalitas Visa di pos perbatasan.

Penting! Disarankan berangkat dari Jakarta pada hari Selasa, untuk menyesuaikan dengan jadwal kereta api Trans-Mongolian Express.



[HARI 1]

Tahap 1
Jakarta - Batam
Langkah pertama untuk memulai perjalanan besar ini adalah kapal laut dari Tanjung Priok menuju ke Batam. Kapal berangkat dari Tanjung Priok pukul 8.00 dan tiba di Batam keesokan harinya pukul 13.00. Tarif termurah tersedia untuk kelas ekonomi, yaitu Rp 352.000 untuk dewasa dan Rp 276.000 untuk anak. Namun di kelas ekonomi ini hanya tersedia kursi atau lesehan saja, tidak direkomendasikan untuk perjalanan lebih dari 24 jam. Ada baiknya untuk memilih kelas 2B dengan tarif Rp 542.500 untuk dewasa dan Rp 419.000 untuk anak. Kelas 2B adalah kamar dengan isi 8 orang, cukup aman dan nyaman.

[HARI 2]

Tahap 2
Batam - Singapura
Setibanya di Batam, tersedia banyak kapal feri menuju Singapura, dengan waktu perjalanan 45 menit dan dikenai tarif sebesar 29 dollar Singapura (sekitar Rp 280.000). Mari asumsikan kita berangkat dari Batam pukul 15.00 dan tiba di Singapura pukul 15.45.

Tahap 3
Singapura - Johor Bahru (Malaysia)
Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menuju Woodlands Train Checkpoint. Dari tengah kota Singapura, kita dapat menaiki MRT menuju stasiun MRT Woodlands, lalu menyambung dengan bus nomor 911 atau 913 sampai ke stasiun Woodlands Train Checkpoint. Waktu tempuhnya sekitar 65 menit dan biaya yang dikeluarkan sebsar 3.30 dollar Singapura (sekitar Rp 32.000). Dari Woodlands Train Checkpoint inilah perjalan kereta api menuju Malaysia dan Thailand dimulai. Kereta api feeder (shuttle) dari Woodlands Train Checkpoint (Singapura) menuju Johor Bahru (Malaysia) tersedia setiap 45 menit sekali mulai pukul 8 pagi hingga pukul 11.15 malam. Tarifnya sebesar 5 dollar Singapura atau sekitar Rp 48.000. Jika diasumsikan kita tiba di Woodlands pukul 17.30, maka jadwal shuttle train terdekat adalah pukul 18.00 dan jadwal selanjutnya pukul 18.45.

Tahap 4
Johor Bahru - Kuala Lumpur
Perjalanan dengan shuttle train hanya memakan waktu 5 menit. Namun pada pukul 18.50 dari Johor Bahru sudah tidak tersedia kereta api langsung menuju Butterworth dan Padang Besar (perbatasan Thailand). Menginap juga bukanlah suatu hal yang direkomendasikan, selama bisa menghemat biaya penginapan dengan naik kereta api malam. Maka cara yang direkomendasikan adalah naik kereta tidur nomor 24, berangkat Johor Bahru pukul 22.30 dan tiba keesokan harinya di Kuala Lumpur pukul 07.00. Tarif termurah tersedia untuk kursi kelas 2, yaitu RM 33 (sekitar Rp 107.000). Tetapi jika dengan RM 45 (sekitar Rp 146.000) kita bisa mendapatkan kasur tidur kelas 2, kenapa tidak tidur saja?
Kereta tidur kelas 2 KTM | Foto: www.escapetraveler.com

[HARI 3]

Tahap 5
Kuala Lumpur - Butterworth
Hari ketiga dimulai dengan perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Butterworth menggunakan KRL cepat milik KTM, yaitu ETS. Jadwal ETS nomor 9208 berangkat dari stasiun Kuala Lumpur Sentral pukul 09.15 pagi dan tiba di Butterworth pukul 13.07. Tarif yang dikenakan RM 69 (sekitar Rp 223.000). Cukup menunggu selama satu jam, kereta api International Express siap mengantarkan dari Butterworth menuju Bangkok.

Tahap 6
Butterworth (Malaysia) - Bangkok (Thailand)
Pukul 14.00, KA no.6 International Express diberangkatkan dari Butterworth. Kereta api ini hanya menyediakan tempat tidur kelas 2, yaitu seharga RM 112 (sekitar Rp 363.000). KA tiba keesokan harinya di stasiun Bangkok Hualamphong pukul 10.30 waktu Thailand. Ada waktu sekitar 2 jam untuk menikmati kota Bangkok, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Aranyaprathet dan Poiphet (perbatasan Kamboja).
KA International Express Butterworth - Bangkok | Foto: seat61.com

[HARI 4]

Tahap 7
Bangkok - Aranyaprathet
Pukul 13.05, KA lokal tujuan Aranyaprathet diberangkatkan dari stasiun Hualamphong di Bangkok dan tiba di Aranyaprathet pukul 17.35. KA Lokal ini hanya menyediakan kursi kelas 3. Meskipun demikian, keadaan kereta cukup bersih dan nyaman. Tarif yang dikenakan tentu saja murah, hanya 48 baht (sekitar Rp 18.000) untuk 255 km!

Tahap 8
Aranyaprathet - Poiphet (Kamboja)
Di depan stasiun Aranyaprathet, banyak tuk-tuk (taksi tradisional Thailand) yang sudah menunggu penumpang. Naiklah tuk-tuk menuju perbatasan Kamboja di Poiphet. Tarifnya sekitar 90 baht (Rp 34.000). Apa yang perlu dilakukan selanjutnya setelah tiba di Poiphet adalah berjalan kaki melewati gapura perbatasan. Selamat, Anda tiba di Kamboja!

Tahap 9
Poiphet - Siem Reap
Tidak jauh dari pos perbatasan, terdapat bundaran tempat shuttle bus menunggu penumpang. Naiklah shuttle bus ini menuju terminal, karena cepat dan gratis! Setelah tiba di Poipet Tourist Passenger International Terminal, langkah selanjutnya adalah naik bus atau minibus menuju Siem Reap. Tarif yang dikenakan sebesar $9 (sekitar Rp 118.000). Perjalanan Poiphet - Siem Reap memakan waktu 3 jam, maka kemungkinan tiba di Siem Reap sekitar pukul 22.00. Sudah tidak ada bus menuju Phnom Penh atau Saigon pukul 22.00, jadi ada baiknya Anda menginap di Siem Reap dan meneruskan perjalanan keesokan harinya.
Bus Mekong Express dari Siem Reap ke Saigon | Foto: bhq.web.id

[HARI 5-7]

Tahap 10
Siem Reap (Kamboja) - Saigon (Vietnam)
PO Mekong Express menyediakan layanan bus langsung ke Saigon (Ho Chi Minh City). Pemberangkatan dari terminal Siem Reap pukul 07.30 dan tiba di Saigon pukul 20.30. Tarif yang dikenakan sebesar $24 (sekitar Rp 315.000). Bus tiba di Saigon tepatnya di jalan De Tham, wilayah yang terkenal bagi para backpacker. Jarak dari De Tham ke stasiun utama Saigon (Ga Sai Gon) sekitar 3 kilometer, dapat ditempuh dengan ojek atau berjalan kaki bagi yang ingin menikmati kota Saigon.

Tahap 11
Saigon - Hanoi
Perjalanan selanjutnya adalah dari Saigon menuju Hanoi. Kereta api adalah transportasi terbaik untuk melakukan perjalanan yang cukup panjang ini. Kereta api SE4 berangkat dari stasiun Saigon pukul 22.00 dan tiba di Hanoi pukul 05.30 dua hari kemudian. Perjalanan sejauh kurang lebih 1.700 kilometer ini tersedia dalam berbagai kelas, mulai dari soft seat, hard sleeper, hingga soft sleeper. Tarif termurah adalah soft seat yaitu 1.140.000 dong (sekitar Rp 670.000), namun melakukan perjalanan selama 3 hari dengan duduk di kursi adalah pilihan yang tidak tepat. Ada baiknya untuk memilih tempat di hard sleeper kasur paling atas, karena hanya dikenakan tarif 1.300.000 dong (sekitar Rp 765.000).
Kereta api Saigon - Hanoi | Foto: vietnamtraintravel.com

[HARI 7]

Tahap 12
Hanoi (Vietnam) - Nanning (Tiongkok)
Kereta api dari Hanoi menuju Nanning (Tiongkok) berangkat pada pukul 21.40. Artinya, ada banyak waktu untuk menikmati kota Hanoi. Berbeda dari kebanyakan kereta api yang berangkat dan mengakhiri perjalanannya di stasiun utama Hanoi (Ga Ha Noi), kereta api MR1 / T8702 tujuan Nanning diberangkatkan dari stasiun Gia Lam (Ga Gia Lam) di utara Hanoi. Ini dikarenakan rel ukuran 1.435mm dari Tiongkok berakhir di Ga Gia Lam, tidak sampai Ga Ha Noi. Ga Gia Lam sendiri dapat ditempuh selama 20 menit dari pusat kota Hanoi menggunakan taksi. Kereta api MR1 / T8702 hanya terdiri dari kelas soft sleeper, dengan biaya 750.000 dong (sekitar Rp 440.000). Jangan lupa untuk menyiapkan visa Tiongkok, karena Anda sesaat lagi akan keluar dari wilayah ASEAN. Visa akan diperiksa sebelum Anda naik kereta api di Ga Gia Lam.
Kereta api Hanoi - Nanning | Foto: journeyvietnam.com

[HARI 8]

Tahap 13
Nanning - Beijing
Kereta api tiba di stasiun Nanning pada pukul 10.10. Ada waktu 50 menit untuk koneksi dengan kereta api ke Beijing. Kereta api Z6 tujuan Beijing diberangkatkan pukul 11.00 dan tiba pukul 09.55 keesokan harinya di stasiun Beijing Xi (Beijing Barat). Kelas soft sleeper dan hard sleeper tersedia untuk perjalanan ini. Tarif termurah tersedia untuk hard sleeper, yaitu sebesar RMB 473 yuan (sekitar Rp 950.000).
Kereta Api Nanning - Beijing | Foto: Wikipedia

[HARI 9-14]

Tahap 14
Beijing (Tiongkok) - Moskow (Rusia)
Perjalanan yang sangat dinanti-nantikan pun dimulai. Kali ini Anda berkesempatan naik kereta api di jalur terpanjang di dunia yang sudah sangat terkenal, yaitu jalur Trans Siberian. Kereta api Trans-Mongolian Express dari Beijing menuju Moskow melakukan perjalanan selama 6 hari melalui jalur ini. Trans-Mongolian Express berangkat dari stasiun utama Beijing setiap hari Rabu pukul 11.22 dan tiba di stasiun Moskow Yaroslavski pada hari Senin 13.58. Kereta api ini dioperasikan menggunakan rangkaian milik Tiongkok dan staf dari Tiongkok. Meskipun demikian, kereta makan yang digunakan akan bergantian sesuai dengan negara yang dilewati. Kereta api ini menawarkan 3 pilihan kelas, yaitu hard sleeper, soft sleeper, dan deluxe soft sleeper. Tarif terhemat adalah hard sleeper, dengan biaya sebesar $569 (sekitar Rp 7.450.000). Cukup adil untuk perjalanan kelas dunia! Tentu saja jangan lupa, siapkan visa Mongolia dan Rusia.
Trans-Mongolian Express | Foto: travel-pictures-gallery.net

[HARI 14-16]

Tahap 15
Moskow (Rusia) - Paris (Perancis)
Setibanya di Moskow, Anda punya waktu sekitar 8 jam untuk menjelajah kota. Kereta api Moscow-Paris Express diberangkatkan dari stasiun Moskow Belorussky pada pukul 22.15. Perjalanan ini akan melalui beberapa negara seperti Belarus, Polandia, dan Jerman. Oleh karenanya diperlukan visa transit Belarus dan visa Uni Eropa. Kereta api akan tiba di stasiun Paris Gare de l'Est pukul 09.16 dua hari kemudian. Tarif termurah Moscow-Paris Express tersedia untuk kereta tidur kelas 2, yaitu sebesar 245 euro (sekitar Rp 3.615.000).
Msocow-Paris Express | Foto: www.rustourismnews.com

[HARI 16]

Tahap 16
Paris - London (Inggris)
Selamat, tinggal selangkah lagi untuk tiba di Inggris. Tahap terakhir ini adalah perjalanan Paris - London dengan Eurostar, melalui terowongan bawah laut Channel. Ada beberapa jadwal Eurostar, tetapi yang direkomendasikan adalah pemberangkatan stasiun Paris Gare du Nord pukul 11.13. Kereta api ini akan tiba di stasiun London St Pancras pada pukul 12.39. Tarif termurah tersedia untuk kursi kelas 2, yaitu sebesar 45 poundsterling (sekitar Rp 853.000). Selamat datang di London!
Eurostar Paris - London | Foto: luxurylaunches.com

TOTAL BIAYA
Mari menghitung biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perjalanan besar selama 16 hari ini. Total biaya dihitung dari setiap biaya yang direkomendasikan di masing-masing tahapan. Setelah REDaksi menghitungnya, total biaya yang dikeluarkan (belum termasuk makan, penginapan, dan biaya transportasi lokal seperti taksi) adalah Rp 16.192.000. Mahal? Memang. Tapi tentu saja pengalaman yang didapatkan sangat sebanding dengan biaya yang sudah kita bayarkan. Perjalanan seperti ini juga tidak mudah dilupakan, karena selama 16 hari kita mengenal banyak negara dengan berbagai keunikannya. Tertarik untuk mencoba?

Disarikan dari: seat61.com
RE Digest | Tubagus Gemilang Pratama

About Tubagus Gemilang Pratama

    Blogger Comment
    Facebook Comment

41 komentar:

  1. kalau dibayarin sih ayuk dah. wkwkwwk

    ReplyDelete
  2. Cara mengurus visa nya gmn? Kan biasanya ngurus visa harus ad tiket pulang pergi? Mhn infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visa bisa diurus di negara sebelumnya. Misal untuk visa Tiongkok, bisa diurus di Vietnam (dengan biaya administrasi tertentu).

      Delete
    2. take time dong ya...
      uraian di atas sudah termasuk pembuatan visa tsb?
      selalian mau tanya pemhuatan visa transit apakah sama dengan visa biasa?

      Delete
    3. take time dong ya...
      uraian di atas sudah termasuk pembuatan visa tsb?
      selalian mau tanya pemhuatan visa transit apakah sama dengan visa biasa?

      Delete
  3. Cara bayarnya gmn?(mengingat banyak jg yg hrs dibayar)apa hrs bawa Uang cash?

    ReplyDelete
  4. It's amazing gan.. Bikin iri aja nih.. haha Oia gan, dari tadi agan ngejelasin currency nya beda-beda. Itu semua currency masing-masing negara nya sudah agan tukar/siapkan dari indonesia ya? Keep explore gan..

    ReplyDelete
  5. Keren gan artikelnya. Tapi ane mau kasih masukan, bikin visa schengen (min 3 hari), UK (min 7 hari), or Russia (min 3 hari) ngga segampang itu gan (ngga bisa sehari sebelumnya). Jadi total ngga bakal 16 hari gan (itung buffer hari buat bikin visanya juga) mungkin total perjalanannya bisa 30 hari lebih gan. Trus tiket2 kereta di Eropa yang agan mention itu ticket super saver jika booking 90 hari sebelumnya (kalo go show ngga bakal dapet harga segitu).

    Salam explorer
    (Ane traveler yg saat ini tinggal di Belanda gan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaduuuh.... mungkin sebaiknya ada catatan kecil seperti yg dituliskan mas irfan. Sehingga jika pembaca ingin melakukan perjalanan persis seperti apa yg ditulis penulis tdk planga plongo ketika traveling). But anw asiiik bgt tp pas baca ceritanya :) dan seru bgt pasti ya... Smoga bisa punya pengalaman yg sama jg ky penulis...

      Delete
    2. Sebaiknya visa negara2 yg dituju diurus di Indonesia jadi gak repot, fulus bisa juga pakai travel cheque kalau masih bisa supaya aman atau jaman sekarang bisa pakai card, untuk europe pakai ticket Eurailpass biayanya lebih irit

      Delete
    3. Mas irfan ada club travellernya ga. Info donk ke wa ane. 0813 9335 1975. Minat banget ane n tmn2 join traveller.

      Delete
  6. bisa brangkat gk bisa pulang klo biayanya segitu gan hahahaha

    ReplyDelete
  7. cara urus visa tiongkok dari vietnam.
    itu urus d kedutaan i donesia atau d kantor imigrasi vietnam

    ReplyDelete
  8. TIKET PESAWAT EMIRATES AIRWAYS JAKARTA -LONDON RP.15.650.000 FOR ONE WAY.. NOW.. TENTUKAN PILIHAN...

    ReplyDelete
  9. TIKET PESAWAT EMIRATES AIRWAYS JAKARTA -LONDON RP.15.650.000 FOR ONE WAY.. NOW.. TENTUKAN PILIHAN...

    ReplyDelete
  10. Cara ngurus visa ksh info lebih jelas gan.ngurusnya harus kekedutaan yg mau dikunjungin dinegara sebelumnya?

    ReplyDelete
  11. Cara ngurus visa ksh info lebih jelas gan.ngurusnya harus kekedutaan yg mau dikunjungin dinegara sebelumnya?

    ReplyDelete
  12. bawa 200 juta cukupkah buat ber 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk stay seminggu di london dan pulang naik pesawat

      Delete
  13. Itu bisa berhenti dulu (transit) ga trans siberianya di Mongol? masa cuma numpang lewat doang di mongolnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl kenal masinisnya, bisa kali ye. "Bang tulung setop sekejap, mau moto rumahnya Yoko dan Kweceng"

      Delete
  14. Hmm.. leh uga

    Salam
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  15. Hmm.. leh uga

    Salam
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  16. Keren banget nih.. enaknya jika punya waktu dan biaya.. saya pasti gak mikir 2x...
    Btw. Jika kita masih terikat kerja dan ambil cuti paling tidak 1 bulan utk perjalanan ini. Bisa2 pulang nya nganggur.. wkwkwk

    ReplyDelete
  17. Sepertinya menarik nih. Kalo ada temennya ayooo jalan dehh .... Ayokk yg mau ngajak barengan trabeling gaya backpacker kayak gini .... www.biroumrohterbaik.com

    ReplyDelete
  18. Sepertinya menarik nih. Kalo ada temennya ayooo jalan dehh .... Ayokk yg mau ngajak barengan trabeling gaya backpacker kayak gini .... www.biroumrohterbaik.com

    ReplyDelete
  19. Wah, cocok banget tuh buat yg takut naik pesawat

    ReplyDelete
  20. manatab. pengalaman naik kreta gak terlupakan gue.
    krn disana gue dpt gebetan yang cantik. hhhhaa...

    terus akhirnya gue di ajak tu bisnis travel umroh sampe sekarang terus jalan. hhee

    ReplyDelete
  21. Kerenn bgettt yaak
    Working hard dlu ngumpulim budgett biar kesampaian hahaha

    Who knows sameday dream came true

    Ayoooo yg suka tantantang...

    ReplyDelete
  22. Sebelum melakukan perjalanan, lebih baik cari tahu dulu syarat syarat bikin visa ke negara yg di lewati, untungnya negara negara ASEAN udah bebas VISA. Kalo gak salah gue denger denger sih kalo di Visa Russia itu sulit, mereka harus tau kita itu nginep di hotel mana, berapa lama, bawa uang berapa dan pulangnya kapan.

    ReplyDelete
  23. ongkos visa nya blm dihitung :D

    ReplyDelete
  24. Lebih menantang traveling seperti ini ketimbang naik pesawat.. Kalau ada yang mau jalan seperti ini di 2017 ajak2 ya.. Tapi, pulangnya apa seperti ini juga..?

    ReplyDelete
  25. terimakasih atas artikel yang menarik...

    btw, kegiatan apa ya yg bisa dilakukan selamaa naik trans siberian berhari hari?

    ReplyDelete
  26. ada club travellernya ga gan? Info donk ke wa ane. 0813 9335 1975. Minat banget ane n tmn2 join traveller.

    ReplyDelete