testimoni

testimoni

Keio 5000 Series akan Segera Kembali


[17/3/16]. Keio telah merilis desain terbaru untuk New Keio 5000 series terbarunya melalui konferensi pers yang dilakukan pada 16 Maret 2016 kemarin. Hal ini seperti membangkitkan kembali masa kejayaan Keio 5000 yang beroperasi pada 1963 sampai 1996 lalu. Namun, New Keio 5000 ini terlihat seperti versi modern dari Keio 5000.

Bagaimana tidak? New Keio 5000 ini menggunakan teknologi VVVF Inverter yang modern dan pastinya irit listrik. Selain itu, desain kereta ini dibuat aerodinamis sehingga membuat tampilannya terlihat sangat modern. Ada yang unik dari Keio 5000 ini. Posisi bangku kereta bisa disesuaikan dengan jumlah penumpang. 

Ketika kereta kosong, bangku dapat dibuat berhadap-hadapan seperti kereta suburban. Sedangkan ketika memasuki peak hour, bangku kereta dapat dibuat berjejer seperti kereta komuter biasa. Dan perubahan posisi tempat duduk ini dapat diatur secara otomatis dari dalam kabin.

ilustrasi perubahan posisi tempat duduk
Didalam kereta juga terdapat TV LCD yang dapat digunakan untuk iklan dan penunjuk posisi stasiun. TV LCD tak hanya ditempatkan di atas pintu seperti kereta-kereta pada umumnya, tapi juga ditempatkan di tengah-tengah kereta seperti Linikini di Indonesia untuk memaksimalkan jangkauan tayangan di dalam kereta.

Rencananya New Keio 5000 ini akan beroperasi pada musim semi 2018 dengan stamformasi rangkaian sebanyak 10 kereta per setnya. 

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment