testimoni

testimoni

Kereta Surat Terdiam Dibawah Keramaian London

sumber foto
Jauh dibawah ramainya jalanan di kota besar negri Britania, ada sebuah terowongan kereta bawah tanah sejauh 23 mil. Disana, serangkaian kereta surat terbungkam.
London Post Office Railway, atau juga dikenal dengan nama Mail Rail. Adalah jaringan rel bawah tanah mini milik Royal Mail untuk menangkut surat (mungkin juga pegawai) dari kantor ke kantor antara Paddington sampai Whitechapel. Jalur ini ditutup tahun 2002 karena menghabiskan sekitar £1.2jt perhari dan dinilai tidak ekonomis. Sejak dibuka pada tahun 1927, Rail Mail merupakan kereta pertama yang berjalan tanpa masinis dengan rel berarus listrik (mungkin konsepnya seperti wahana kereta anak-anak di komedi putar). Dalam sehari, kereta ini bekerja selama 22 jam, mengangkut sekitar 4 juta surat diatas jalur ber-gauge 610mm sepanjang 37KM di bawah tanah kota London dari Whitechapel di timur hingga Paddington di barat.
Berselimutkan kesunyian | sumber foto
Salah satu ruangan kantor | sumber foto
Setelah ditutup selama hampir 15 tahun, kini rel gauge sempit dengan kereta kecilnya terdiam dalam bersama debu dan ingatan. Kini hanya ada troli surat kosong, meja tak terurus dan telepon kadaluarsa diatasnya. Pak Ray Middlesworth yang merupakan seorang teknisi yang pernah bekerja disana pernah mengatakan bahwa ini adalah "harta karun" bagi penjelajah bawah tanah, sebuah bagian yang tersembunyi dari jaringan rel di London. Bahkan beberapa orang menganggap ini adalah rahasia Royal Mail yang paling terjaga.

Kini, Dewan Islington telah menyetujui rencana untuk memperbolehkan turis untuk turun kebawah dan melihat langsung bahkan menaiki "Tube rahasia" (Tube adalah istilah orang Inggris untuk menyebut subway). Kereta mini akan dijalankan dari Mount Pleasant di Islington yang pernah menjadi pos pemilahan surat terbesar di dunia. Selama perjalanan, turis pun akan dikenalkan dengan sejarah kantor pos di Inggris. Jalur aslinya secara keseluruhan memiliki 8 stasiun dengan terowongan yang menyempit hingga selebar 2 meter dibeberapa titik.
salah satu rangkaian tertua | sumber foto
Hal lain yang mungkin akan terjadi pada jalur ini adalah menjadi taman jamur. Ya, pada Oktober tahun lalu, sebuah rencana arsitektural terungkap bahwa Rail Mail akan dijadikan semacam taman dengan jamur sebagai "konten" utamanya. Ide ini mungkin terinspirasi dari Paris dan New York yang berhasil "mengkonversi" jalur mati menjadi taman publik. Pak Nick Worley, seorang arsitek dari Fletcher Priest beranggapan bahwa jamur akan menjadi tanaman yang cocok secara natural untuk lingkungan yang gelap dan sunyi dari sebuah terowongan kereta mati. Namun Walikota London masih berusaha untuk menjaga eksistensi Mail Rail. Bersama dengan Landscape Institute dan Museum Garden, masih mengurung rencana ini.

Dito Aldi Soekarno Putra | RE Digest

About D.A. Soekarno Putra

Suka yang manis-manis. Jari manis misalnya
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment