testimoni

testimoni

Mau Check In Tapi Gatau Caranya? Yuk Kita Pelajari Prosedurnya


[4/3/16]. Sejak 26 Februari 2016 lalu, PT Kereta Api Indonesia sudah mulai mengujicoba sistem check in dan boarding pass untuk perjalanan kereta api di Stasiun Bandung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tindak percaloan yang semakin cerdas.

baca juga: Sistem Check In dan Boarding Pass akan Diujicoba Di Stasiun Bandung

Namun sayangnya, tidak semua penumpang mengerti tentang sistem check in dan boarding pass yang diterapkan. Sehingga, jamak kita temui penumpang yang kebingungan tentang bagaimana prosedur check in dan boarding pass ini. Kali ini RE Digest akan menjelaskan kepada anda tentang prosedur check in dan boarding pass yang sudah diterapkan di Stasiun Bandung ini.

Sebenarnya, sistem check in dan boarding pass ini tidak beda jauh dengan sistem yang lama. Hanya saja, sistem yang digunakan pada check in dan boarding pass ini lebih canggih sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya pemalsuan identitas yang dilakukan oleh para calo.

Sebelum bisa boarding dan masuk ke peron, penumpang terlebih dahulu harus check in di check in counter yang sudah tersedia


Check in counter yang ada di Stasiun Bandung
Di check in counter ini anda harus menyiapkan bukti pemesanan tiket anda seperti struk pemesanan dari minimarket, e-mail atau sms apabila anda memesan secara online, maupun blangko tiket apabila anda memesannya di stasiun. Di check in counter ini anda harus memasukan kode booking yang sudah diterima pada saat memesan tiket. Kode booking ini biasanya berupa kombinasi 6 karakter huruf dan angka.  

contoh kode booking pada blangko tiket (yang dikotaki merah)
Kemudian masukan kode booking tersebut ke komputer. Setelah memasukan kode booking, cek kembali kode booking yang dimasukan setelah itu tekan "ok". Setelah anda menekan tombol "ok" maka akan muncul nama dan nomer identitas pemesan tiket. 

Sebelum di print, pastikan dulu nama pemesan dan nomer identitasnya benar. Apabila anda sudah yakin, tekan tombol "print boarding pass" untuk bisa memprint boarding pass yang akan digunakan untuk masuk ke peron dan naik ke atas kereta. Anda harus sudah memprint boarding pass ini paling tidak 1 jam sebelum kereta berangkat

Contoh boarding pass yang sudah di print.
Setelah berhasil mendapatkan boarding pass, anda sudah bisa boarding di counter pemerikasaan tiket yang ada di pintu masuk peron. Siapkan identitas diri anda yang masih berlaku semisal KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar, dan lain sebagainya sebagai bukti identitas yang tercetak pada boarding pass dan di identitas adalah sama. Petugas boarding akan menscan barcode yang ada pada boarding pass dengan yang ada pada identitas. Apabila sama, anda dapat masuk ke peron dan naik ke atas kereta.

counter pemeriksaan tiket atau boarding counter
Namun tugas boarding pass tidak berhenti sampai di pintu masuk. Di dalam kereta boarding pass ini akan digunakan sebagai tiket yang sah untuk diperiksa oleh kondektur kereta. Bagaimana? Mudah bukan? Sistem check in tidak sesulit yang selama ini orang bayangkan, iya kan?

Oh iya, untuk sementara sistem check in ini baru dalam tahap uji coba di Stasiun Bandung. Apabila sistem ini dinyatakan efektif mengurangi percaloan dan dinyatakan berhasil, maka sistem ini akan mulai diterapkan secara perlahan ke seluruh Indonesia.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

5 komentar:

  1. boarding pass berarti gantiin tiket saat ini dong

    ReplyDelete
  2. Lalu apa bedanya ya dengan sistem yang ada sekarang dimana calon penumpang dapat melakukan print tiket secara mandiri? mungkin ada yang dapat membantu menjelaskan karena saya sebagai pelanggan setia kereta api tidak menemukan perbedaannya dalam upaya mencegah percaloan, karena print tiket mandiri pun sama-sama dapat menggunakan kode booking yang sudah diterima oleh calon penumpang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbedaannya hanyalah sistem yang full computerized jadi ketika boarding tiket gak lagi disetempel cuma dicek barcode sama identitas diri

      Delete
  3. kode booking apakah sama dengan kode pembayaran? kode pembayaran terdiri dari 13 digit angka

    ReplyDelete