testimoni

testimoni

Ratusan Railfans Melepas Kepergian Cassiopeia di Stasiun Ueno

kepergian Cassiopeia yang disambut oleh ratusan railfans dari penjuru Jepang
mainichi
[19/3/16]. Jelang beroperasinya Hokkaido Shinkansen yang menghubungkan Tokyo dengan Sapporo, banyak kereta reguler yang terpaksa dihentikan perjalanannya. Terutama kereta-kereta yang reguler melintas di Terowongan Seikan yang berada di Selat Tsugaru. Hal ini dilakukan untuk memperlancar perjalanan Shinkansen juga karena armada kereta-kereta reguler yang semakin menua.


Tak terkecuali untuk Cassiopeia. Kereta yang memulai debutnya pada Juli 1999 melayani rute Ueno-Sapporo juga ikut dimatikan operasionalnya. Hari ini (19/3/16) adalah hari terakhir perjalanan kereta api Cassiopeia. Kereta terakhir ini diberangkatkan dari Stasiun Ueno pada pukul 16.00 waktu Jepang (GMT+9).

Kepergian sang rasi bintang dari utara ini disambut oleh ratusan railfans yang datang dari penjuru Jepang untuk melepas kepergiannya. Salah satunya Tsuyoshi Yoshida (44), seorang dokter yang berasal dari Kota Kawaguchi, Prefektur Saitama juga turut menaiki Cassiopeia di hari terakhirnya bersama keluarganya. Dia mengatakan bahwa kereta ini pergi dengan sangat cepat dan ia tak akan melupakan perjalanannya malam ini. 

Tak lupa, para railfans yang sudah stand by di stasiun mengucapkan selamat tinggal kepada Cassiopeia yang akan pergi ke Sapporo dan tak akan pernah lagi kembali ke Ueno. Juga banyak dari mereka yang tidak ingin ketinggalan momen perginya Cassiopeia menggunakan kamera mereka. 

para railfans yang berebut untuk memotret saat-saat terakhir berangkatnya Cassiopeia dari Ueno
Sankei

Seorang railfans memegang kertas bertuliskan "sayonara Cassiopeia" untuk melepas kepergian Cassiopeia
Sankei
Cassiopeia bukanlah kereta penumpang yang lewat Seikan pertama yang dipurnatugaskan. Pada Agustus tahun lalu, kereta api Hokutosei dengan relasi yang sama dipurnatugaskan. Pada tanggal 20 Maret besok, kereta Express Hanmasu yang melayani perjalanan Aomori sampai Sapporo dan pada tanggal 21 Maret Limited Express Hakucho relasi Shin-Aomori sampai dengan Hakodate akan dipurnatugaskan. Nantinya, lokomotif EF510 milik Cassiopeia akan ditransfer ke JR Freight untuk operasional angkutan barang.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. http://ajw.asahi.com/article/behind_news/social_affairs/AJ201602190048

    Masih ada harapan... Tergantung East Japan Railway Co. maunya bakal gimana nantinya

    ReplyDelete