testimoni

testimoni

Tegal Arum dan Kertaranjang akan Berhenti Beroperasi

Kereta api Tegal Arum saat melintas di Stasiun Kampung Bandan
[24/3/16]. Ada sedikit kabar sedih bagi pengguna setia dan penggemar KA Tegal Arum dan Kertajaya rangkaian panjang alias Kertaranjang. PT Kereta Api Indonesia telah mengumumkan rencana penghentian operasional kedua kereta api itu. 

Rencananya, kereta api Kertaranjang relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi akan dihentikan perjalanannya mulai tanggal 1 April 2016. Hal ini dilakukan karena rencana penambahan rangkaian pada kereta api Kertajaya reguler.

Sedangkan Tegal Arum relasi Pasar Senen-Tegal akan dihentikan perjalanannya pada 4 April. Hal ini dilakukan karena sebagian kereta dari Tegal Arum akan digunakan untuk penambahan panjang kereta api Tawang Jaya relasi Pasar Senen-Semarang Poncol yang dimulai bersamaan dengan dihentikannya perjalanan Tegal Arum. 

Nantinya bagi penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket kereta api Kertaranjang pemberangkatan mulai 1 April dan Tegal Arum pemberangkatan mulai 4 April, penumpang dapat menukarnya dengan tiket kereta api Tawang Jaya untuk Tegal Arum dan Kertajaya reguler untuk Kertaranjang.

Kereta api Tegal Arum pertama kali beroperasi pada saat dihentikannya perjalanan kereta api Gunung Jati dekade 1970an. Tegal Arum juga pernah menggunakannya KRD MCW 301 sebagai armadanya ketika KRD tersebut masih beroperasi di Indonesia. Sedangkan Kertaranjang merupakan kereta tambahan untuk Kertajaya reguler. Kertaranjang pertama kali beroperasi pada 4 Desember 2015.

Satu set Kertaranjang bisa memuat hingga 15 rangkaian kereta termasuk P dan KMP3. Yang unik dari Kertaranjang ini adalah kereta yang digunakan dalam satu setnya berasal dari beberapa dipo kereta yang berbeda seperti Jakarta Kota, Bandung, Semarang Poncol, Surabaya Pasarturi, Solobalapan, Madiun, hingga Rangkasbitung dan Banyuwangi.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo  






About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Explore Indonesia

    ReplyDelete