testimoni

testimoni

Tokyo Metro 500 akan Segera Pulang Kampung


[1/3/16]. Ada sedikit kabar gembira bagi penggemar KRL jadul Tokyo Metro. Seperti yang dikutip dari situs withnews.jp, pihak Jepang saat ini sedang bernegosiasi dengan Buenos Aires Subway untuk memulangkan rangkaian Tokyo Metro 500 ini kembali ke Jepang. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan spesies Tokyo Metro 500 yang masih tersisa. Rencananya akan ada 4 unit Tokyo Metro 500 yang akan dipulangkan kembali ke Jepang.

Di Jepang sendiri hanya sedikit Tokyo Metro 500 yang tersisa. Kebanyakan sudah dirucat dan dikirim ke Argentina. Namun semenjak Buenos Aires mengimpor rangkaian eks. Nagoya Subway 5000, banyak Tokyo Metro 500 yang mangkrak. Bahkan ada kabar yang menyebutkan bahwa KRL Tokyo Metro 500 di Argentina ini sampai dijual di sebuah situs penjualan barang bekas seharga 120.000 USD per unit.


Ini merupakan kali pertama bagi Jepang untuk mengambil kembali kereta mereka yang telah dijual ke luar negeri. Karena biasanya setelah Jepang menjual keretanya ke luar negeri, sisa hidup dan nasib kereta yang telah dijual itu tergantung pada perusahaan yang membeli kereta itu dan pihak Jepang lepas tangan atas nasib kereta itu di luar negeri.

KRL Tokyo Metro 500 pertama kali beroperasi pada tahun 1954 di Jalur Marunochi Line tanpa pendingin udara. KRL ini beroperasi di Marunochi Line sampai purna tugas pada tahun 1996. Sebagian besar rangkaian Tokyo Metro 500 ini dijual ke Buenos Aires Subway. Sisanya dimuseumkan dan di rucat. Selama di Argentina, KRL ini beroperasi di rute C sampai ia purna tugas tahun 2015 lalu digantikan oleh rangkaian eks. Nagoya Subway 5000.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment