testimoni

testimoni

Ujicoba Rangkaian 203-108F (K1 1 12 41 TS) Setelah Perawatan Akhir Lengkap

9/3 - Membuka perawatan akhir lengkap untuk KRL eks East Japan Railway Company (JR East), rangkaian 203-108F (eks Matsudo set 68, nomor lambung Kemenhub K1 1 12 41-50) yang masuk perawatan akhir lengkap (PAL) di Balai Yasa Manggarai pada bulan Februari yang lalu, akhirnya diujicobakan kemarin (8/3) dengan rute Depok-Manggarai-Bogor-Depok, setelah hampir rampung PAL.
KLB ujicoba 203-108F di Stasiun Manggarai. Ada yang aneh dari foto ini? (foto: Pilar Gusmao)
Dari segi visual, setelah PAL hampir tidak ada yang berubah dari rangkaian ini. Namun perubahan itu tetap ada. Seperti pada rangkaian-rangkaian KRL yang tadinya berwarna biru dan dimerahkan, serta 6127F yang juga baru saja diujicobakan, kini rangkaian 203-108F tidak memiliki stiker penanda kereta khusus wanita pada kereta-kereta berkabin masinis. Selain itu, stiker iklan yang tadinya terpasang pada beberapa kereta juga telah dilepas. Ada satu hal lagi yang menarik perhatian dari rangkaian ini.

Logo JNR pada kabn sisi Bogor (foto: Pilar Gusmao)
Terdapat logo dari Japan National Railways pada pojok kanan atas bagian muka dari kereta berkabin masinis yang biasanya hanya hitam kosong. Logo ini memang sudah berada di sana sejak pertama kali kereta ini berdinas di Jepang. Namun pada tahun 1987, seiring dengan privatisasi JNR, logo JNR ditutupi dan diganti dengan logo JR East. Logo JR East sendiri dilepaskan sebelum rangkaian ini dikirimkan ke Jakarta. Namun entah kenapa logo JNR ini bisa muncul kembali setelah hampir PAL.

Kereta berkabin sisi Jakarta, belum sepenuhnya rampung (foto: Ikko HF)
Rangkaian ini belum sepenuhnya rampung PAL, dikarenakan masih ada kereta yang belum sepenuhnya dicat ulang. Jadi, masih ada kemungkinan bahwa logo JNR yang terlihat lagi itu akan ditutupi kembali. Apabila logo JNR tersebut dibiarkan, maka rangkaian ini akan memiliki ciri khas di antara rangkaian KRL seri 203 yang lain. Jadi apakah logo JNR tersebut akan ditutup? Kita tunggu saja dia berdinas kembali.

RE Digest | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment