testimoni

testimoni

Uniknya Cara JR Hokkaido Mempromosikan Hokkaido Shinkansen

Japantimes
[25/3/16]. Hokkaido Shinkansen yang akan dimulai operasionalnya pada 26 Maret 2016 mendatang sedang menjadi topik pembicaraan hangat di Jepang. Bukan tanpa alasan kenapa kereta cepat ini menjadi trending topic di Jepang. Bayangkan saja, anda bisa mempersingkat waktu perjalanan dari Tokyo ke Sapporo dengan kereta api hanya dalam waktu kurang dari 4 jam!

Meskipun Hokkaido Shinkansen yang baru akan beroperasi ini sudah terkenal ke seantero negeri, tapi masih banyak masyarakat yang belum tau tentang rencana pengoperasian Hokkaido Shinkansen ini. Oleh karena itu, JR Hokkaido berusaha mempromosikan Hokkaido Shinkansen ke masyarakat dengan berbagai cara. Dan cara yang ditempuh pun bisa dibilang unik karena JR Hokkaido bekerjasama dengan sejumlah brand ternama untuk mempromosikan kereta ini.

Bagaimanakah caranya? Berikut adalah cara unik JR Hokkaido mempromosikan Hokkaido Shinkansen yang dikutip dari laman japantimes.co.jp.

1. Miniatur kereta
JR Hokkaido bekerjasama dengan perusahaan mainan asal Jepang Tomix, membuat miniatur Shinkansen H5 Hayabusa. Satu set Hayabusa skala N ini berisi 10 kereta dan anda dapat membeli miniatur ini di ebay dengan harga hanya 209 USD per setnya. Lumayan buat pajangan di kamar.

2. Bir dan kopi kalengan
Salah satu brand minuman ternama asal Jepang, Suntory juga ikut mempromosikan Hokkaido Shinkansen di bungkus kaleng bir hasil produksinya. Tak hanya pada kaleng bir, Hokkaido Shinkansen juga ditampilkan pada salah satu iklan produk kopi kalengannya, Boss di TV. Cocok nih buat sobat railfans yang hobi ngopi.



3.Lotteria
Lotteri cabang Shinjuku juga ikut mempromosikan layanan Hokkaido Shinkansen lewat menu makanannya yang dibungkus seperti Shinkansen H5.

4. Keripik kentang
Produsen keripik kentang asal Jepang, Calbee mempromosikan Hokkaido Shinkansen dengan menampilkan Shinkansen H5 di bungkusnya.

5. Ramen instan
Memang perlu 4 jam untuk bisa ke Hakodate dengan Shinkansen, tapi hanya perlu 3 menit untuk masak mie ini. Brand mie instan Acecook mempromosikan Hokkaido Shinkansen dengan menampilkan Shinkansen H5 bersama maskot JR Hokkaido, Dokodemo Yuki-chan di bungkus produk mereka. Varian ramen ini tersedia dalam 2 rasa, asin dan rasa kecap asin. Wah cocok nih buat ganjel perut tim REDaksi atau sobat railfans di akhir bulan hehehe...

6. McDonalds
McDonalds Japan mempromosikan Hokkaido Shinkansen lewat produk pienya. Sepintas, memang tidak ada hubungannya antara makanan diatas dengan Hokkaido Shinkansen. Namun apabila ditelisik lebih dalam sebenarnya produk ini lebih ke mempromosikan wisata di Hokkaido.

Produk ini sebenarnya memadukan Croisant dengan isian yang memiliki rasa manis tradisional Hokkaido. Selain itu, pie ini dibungkus dengan kertas berwarna hijau toska, pink, dan abu-abu khas Shinkansen H5. Produk ini dijual sangat terbatas di beberapa cabang McDonalds Japan.

7. Sapporo Snow Festival
Promosi tak hanya dilakukan di Honshu dan wilayah lain di Jepang. Promosi juga dilakukan di Hokkaido itu sendiri lewat event tahunan Sapporo Snow Festival. Dalam gelaran yang diadakan tiap musim dingin ini Hokkaido Shinkansen ditampilkan dalam ukiran es yang memukau dan pastinya menampilkan Shinkansen H5 dan maskot JR Hokkaido Dokodemo Yuki-chan.

Diharapkan dengan hadirnya Hokkaido Shinkansen ini bisa menarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk berkunjung ke Hokkaido. Selain itu hadirnya Shinkansen ini bisa memperbaiki perkembangan ekonomi di Hokkaido sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Hokkaido.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo








About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment