testimoni

testimoni

Yuk Kita Lihat Tampilan Baru dari Sotetsu 9000


[11/3/16]. Sagami Tetsudou atau biasa disingkat Sotetsu baru saja memperkenalkan varian baru pada armadanya, yakni satu set rangkaian Sotetsu 9000 yang mereka sebut "Renewal 9000". Sebenarnya bisa dibilang Sotetsu 9000 Renewal ini bukanlah rangkaian baru, melainkan rangkaian Sotetsu 9000 biasa yang menjalani proses retrofit dan modifikasi.

Rangkaian dengan nomor SF 9703F ini mengalami modifikasi besar-besaran baik pada eksterior maupun interior kereta. Bagian muka kereta tidak mengalami banyak perubahan, hanya posisi lampu depan dan semboyan 21nya dipindah dari yang tadinya di bawah jendela masinis jadi di bagian atas samping display. Display LED monochromenya diganti dengan display digital yang dapat menggunakan variasi berbagai warna.

tampilan depan Sotetsu 9503F yang terlihat berbeda dari Sotetsu 9000 lainnya
Livery kereta juga mengalami perubahan. Warna kereta ini diubah dari yang tadinya menggunakan warna dasar putih dengan stripping merah jadi menggunakan warna biru dongker yang mereka sebut dengan "Yokohama Navy Blue".

livery samping kereta
Tak berhenti di bagian luar saja, retrofit juga dilakukan hingga ke dalam. Di Sotetsu 9000 ini terdapat 2 kelas, yakni kelas biasa dan green car. Di kelas biasa bangku disusun menyamping selayaknya kereta komuter biasa. Modifikasi yang dilakukan pada kelas biasa yakni membuat ruang penumpang lebih luas dan elegan sehingga memberikan kesan futuristik dan segar.

Senderan punggung ditambahkan didekat pintu agar penumpang yang berdiri dekat pintu bisa bersender tanpa perlu khawatir membokongi penumpang yang duduk. Selain itu, jok yang digunakan dibuat sedikit belekuk pada bagian pantat supaya penumpang terutama para penderita wasir dan ambeien bisa duduk dengan nyaman. 

Warna jok disesuaikan dengan warna interior kereta yakni berwarna putih. Bahan yang digunakan untuk jok pun tidak sembarangan. Sotetsu menggunakan bahan kulit yang diimpor langsung dari Skotlandia untuk menambah kenyamanan penumpang juga mempermudah pembersihan. Handgrip yang sebelumnya berbentuk lingkaran diubah jadi sedikit lebih lonjong agar penumpang berdiri bisa berpegangan dengan nyaman.

tampilan interior kelas biasa
Di kelas green car, bangkunya dibuat berhadap-hadapan selayaknya kereta api jarak jauh di Indonesia. Bangku kereta diwarnai hitam untuk membedakannya dengan kelas biasa. Bahan yang digunakan untuk joknya sama seperti yang digunakan di kelas biasa, yakni kulit yang diimpor langsung dari Skotlandia.


bangku yang dibuat berhadap-hadapan di kelas green car
Bagian atas pintu juga ditambahi dengan display LCD yang akan digunakan untuk memperlihatkan posisi kereta dan iklan. Penerangan dalam ruangan menggunakan lampu LED supaya lebih terang dan ramah lingkungan.

Rencananya modifikasi dan retrofit ini tak berhenti pada rangkaian Sotetsu 9703F saja. Modifikasi juga akan dilakukan pada semua rangkaian Sotetsu 9000 dan beberapa seri kereta lainnya seperti Sotetsu 11000, 10000, dan 8000. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan layanan kepada penumpang ditengah persaingan antar perusahaan kereta api swasta yang semakin memanas di Jepang.

Ada juga isu yang mengatakan bahwa modifikasi ini dilakukan karena adanya rencana thru rapid service yang akan dilakukan oleh Sotetsu ke beberapa rute JR dan Tokyu.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment