testimoni

testimoni

Yuk Kita Rayakan Ulang Tahun Bobo dan Boni Bersama IRPS

wisata.jazz.or.id
[24/3/16]. Dalam rangka merayakan ulang tahun lokomotif uap penghuni Museum Kereta Api Ambarawa B2502 alias Bobo dan B2503 alias Boni yang ke 5 (sejak hidup kembali, 112 sejak dibuat). Indonesia Railway Preservation Society atau IRPS bersama Unit Heritage PT Kereta Api Indonesia mengadakan perayaan ulang tahun untuk duo lok uap kembar ini. Kebetulan juga, saat ini Museum Kereta Api Ambarawa sudah selesai direnovasi.

Acara ini akan dilaksanakan pada 24 April 2016 mendatang di Stasiun Ambarawa. Acara ini akan diisi dengan kegiatan seru seperti cuci loko Bobo dan Boni, syukuran, tracking, pasar peron, pameran foto, hiburan, lomba foto, dan pastinya joyride Ambarawa-Tuntang. Di sana anda bisa melihat macam-macam koleksi lokomotif uap dan juga koleksi terbaru Dipo Lokomotif Ambarawa, CC 200  dan DD55.

Peserta tidak diharuskan berasal dari IRPS. Acara ini terbuka bagi semua lini baik railfans komunitas dan non komunitas, maupun masyarakat awam. Kuota pendaftaran untuk acara ini sekitar 2000-3000 orang. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut bisa dilihat di website IRPS.

Lokomotif B25 pertama kali beroperasi pada tahun 1902 oleh Netherlands-Indische Spoorweg Maatschapij. Lokomotif ini diproduksi oleh perusahaan pembuat lokomotif asal Jerman, Esslingen. Lokomotif ini memang dirancang khusus untuk jalur bergerigi. Karena itu sedari awal beroperasi alokasi lokomotif ini ditempatkan di Ambarawa untuk melayani rute Kedungjati-Ambarawa-Magelang yang terjal dan bergerigi.

Dulu kedua lokomotif ini sempat mati karena sulitnya suku cadang. Namun pada 2011, B2502 dan B2503 berhasil dihidupkan kembali oleh teknisi Dipo Lokomotif Ambarawa.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment