testimoni

testimoni

Canggihnya Bangku Lipat Keihan 5000 Series

Keihan 5000 series
source
[5/4/16]. Perusahaan operator kereta api selalu berusaha untuk memaksimalkan kapasitas angkut armada-armadanya. Beragam cara ditempuh untuk menambah kapasitas angkut. Salah satunya adalah memodifikasi bangku di dalam kereta. Bangku kereta biasanya dibuat berjejer untuk memberikan ruang yang lebih lapang kepada penumpang yang berdiri.

Namun ternyata cara ini juga kurang efektif. Jadi beberapa perusahaan mengakalinya dengan membuat bangku kereta bisa dilipat sehingga jumlah penumpang berdiri lebih banyak. Di Indonesia, contoh KRL yang bangkunya bisa dilipat adalah JR 205 series di kereta 6 doorsnya. Namun kalau di JR 205 bangkunya harus dilipat secara manual.

Tapi lain halnya dengan yang dilakukan pada KRL Keihan 5000 series milik Keihan Railway. Salah satu bangku di kereta ini dapat dilipat secara otomatis langsung dari kabin masinis. Aplikasi bangku lipat ini pun sangat unik, bangku lipat ini tidak menempel di dinding melainkan menggantung di pintu.

Pada saat posisi terlipat, bangku akan diangkat secara otomatis keatas pintu sehingga pintu bisa dibuka-tutup. Namun ketika bangku digelar, bangku akan turun secara otomatis dari atas pintu dan terbuka secara otomatis. Pintu kereta yang terhadang bangku akan secara otomatis terkunci sehingga pintu tidak bisa dibuka-tutup.
Terblokirnya satu pintu karena bangku yang terbuka tidak akan berpengaruh banyak terhadap aktifitas naik turun penumpang. Karena dalam satu kereta Keihan 5000 memiliki 10 pintu, 5 pintu di sisi kanan dan 5 pintu di sisi kiri dan hanya ada satu pintu yang tertutup bangku sehingga aktifitas naik-turun penumpang dapat dilakukan di 4 pintu lainnya yang tidak terhadang bangku.

Bangku ini hanya dibuka pada jam-jam kosong saja untuk memaksimalkan jumlah penumpang yang duduk. Ketika jam berangkat atau pulang kerja bangku ini dilipat dan disimpan di atas pintu untuk memaksimalkan kapasitas penumpang berdiri dan memperlancar arus naik-turun penumpang.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. kalo kursinya diturunin bukannya jadi cuma 3 pintu ya (tiap sisi), kan yang kehadang bangku ada 2 unit.

    CMIIW

    ReplyDelete