testimoni

testimoni

Jalur Kereta Papua akan Mulai Dibangun Semester 2 Tahun Ini


[11/4/16]. Ada kabar gembira nih buat warga Papua. Bumi Cendrawasih tak lama lagi akan memiliki jalur kereta api. Seperti dikutip dari laman finance.detik.com, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pada semester 2 tahun 2016 ini jalur kereta api di Papua akan mulai dibangun. Namun Jokowi masih belum bisa memastikan darimana pembangunan ini akan dimuali, entah dari Sorong atau Manokwari.


Namun Presiden sudah memastikan masyarakat Papua bisa menikmati layanan kereta api. Hal ini akan menjadi sejarah baru dalam perkeretaapian Indonesia. Selain jalur kereta api, Jokowi juga memiliki megaproyek lainnya seperti jalan raya dan pelabuhan.

Pembangunan jalur kereta ini sepenuhnya didanai dari dana APBN dan dari BUMN. Gubernur Papua mengusulkan agar pembangunan jalur kereta ini dimulai dari Manokwari dan dibagi dalam 3 segmen, yakni Manokwari-Bintuni, Bintuni-Sorong Selatan, dan Sorong Selatan-Sorong.

Pembangunan jalur kereta api di Papua ini merupakan integrasi dari proyek Tol Laut yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Nantinya jalur kereta api ini akan menjadi "feeder" untuk kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan supaya bisa mengangkut barang dan penumpang secara efisien ke kota-kota yang jauh dari pelabuhan.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment