testimoni

testimoni

Jepang akan Membiayai Pembangunan Jalur MRT Tahap II

National Geographic Indonesia
[17/4/16]. Mega proyek MRT Jakarta sangatlah dinanti oleh seluruh warga Jakarta. Pasalnya MRT ini seperti menjadi "oasis di padang pasir" di tengah kemacetan ibukota yang semakin hari semakin menggila. Setelah pembangunan tahap I MRT dari Bundaran HI ke Fatmawati hampir rampung, akhirnya ada kepastian untuk pembangunan MRT tahap II dari Bundaran HI ke Kampung Bandan.

Dikutip dari Detik Finance, Japan International Cooperation Agency atau JICA akan membiayai pembangunan jalur MRT tahap II dari Bundaran HI ke Kampung Bandan sejauh 8,1 kilometer. Menteri Perencanaan Pembangunan Negara/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengatakan bahwa pembangunan jalur Bundaran HI-Kampung Bandan ini merupakan kelanjutan dari pembangunan jalur Fatmawati-Bundaran HI.

Walaupun pembangunan jalur MRT ini dibiayai oleh Jepang, namum Pemprov DKI dan PT MRT Jakarta bebas untuk menentukan siapa penyedia dari sarana dan prasarana operasional MRT. Namun untuk kontraktor dan penyediaan sarpras wajib menggunakan produk Jepang.

Sofyan juga menjelaskan bahwa pihak Jakarta bebas untuk menenderkan siapa yang akan membangun dan nantinya akan dilelang untuk melihat siapa yang bisa memberikan harga paling murah karena sangat banyak perusahaan yang berpengalaman membangun jalur bawah tanah. Hal ini juga akan dilakukan pada MRT rute Barat-Timur.

Ditargetkan jalur MRT ini akan rampung sebelum tahun 2018, yakni bertepatan dengan event olahraga akbar se-Asia, Asian Games yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment