testimoni

testimoni

Kereta Penumpang Buatan INKA untuk Bangladesh Sudah Dikirim

Kompas
[1/4/16]. Sebanyak 150 kereta pesananan Bangladesh kepada PT INKA telah dikirim menggunakan kapal dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (31/3/16) kemarin. Ini merupakan kali kedua PT INKA mengekspor rangkaian kereta ke Bangladesh. Sebelumnya pada 2007 INKA pernah mengekspor kereta ke Bangladesh untuk Maitree Express.


Seperti dikutip dari laman kompas.com, pengiriman tahap pertama sebanyak 15 kereta ini dihadiri oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih, Menteri Pmeberdayaan Aparatur Negara Yuddhy Chrisnandi, dan Dirut INKA R. Agus H. Purnomo. 15 kereta itu diangkut menggunakan kapal Seiyo Spring berbendera Panama.

INKA memenangkan tender senilai 73 juta USD untuk pembuatan armada baru kereta penumpang Bangladesh. Kereta ini tidak dibuat sendiri oleh INKA. INKA berkerjasama dengan beberapa BUMN seperti Krakatau Steel, Pindad, Barata, dan beberapa UKM serta pihak swasta.

Pengiriman kereta dari pabrik INKA di Madiun ke Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya tidak lewat rel melainkan menggunakan truk. Hal ini dikarenakan perbedaan gauge antara Indonesia dengan Bangladesh. Indonesia menggunakan gauge standar 1067 mm sedangkan Bangladesh lebih lebar yakni 1676 mm.

Pengiriman kereta ke Bangladesh ini akan dilakukan secara bertahap sampai Agustus 2016. Pengiriman saat ini memang masih menggunakan kapal dengan bendera luar negeri, namun Senior Manajer Protokoler Humas INKA Kholik Muhammad berharap nantinya pengiriman kereta ke luar negeri bisa menggunakan kapal berbendera Indonesia.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment