testimoni

testimoni

Ketika Kucing Ngelintas


[5/4/16]. Kucing. Ya hewan karnivora yang satu ini memang sangat lucu dan menggemaskan. Tingkah polah hewan yang satu ini bisa meluluhkan hati siapa saja yang melihatnya. Tak jarang banyak orang yang memelihara mereka baik sebagai pengusir hama maupun sebagai teman curhat (seperti salah seorang anggota tim REDaksi yang ngejomblo bertahun-tahun).

Namun sayangnya anda tidak bisa membawa hewan dengan ras Felis ini kedalam kereta di Indonesia, baik Commuter Line maupun kereta api jarak jauh atau KAJJ. Pasalnya ada aturan yang menegaskan penumpang dilarang membawa binatang apapun jenisnya kedalamnya. Kalaupun ada kucing yang tak sengaja masuk ke dalam kereta pasti langsung diusir oleh petugas.

Tapi lain halnya dengan kucing-kucing di Seibu Ikebukuro Line ini, mereka diizinkan masuk bahkan menumpang kereta sepuas mereka. Kucing-kucing ini sebenarnya adalah kucing liar yang biasa berkeliaran di kawasan Ikebukuro dan seringkali masuk kedalam kereta.

Mereka seringkali masuk ke dalam kereta dan langsung naik ke atas bangku tanpa menghiraukan manusia-manusia yang lalu lalang di dalam kereta. Mereka juga tak merisaukan di mana mereka sekarang dan tidak bolak-balik membaca peta di pintu karena mereka sendiri juga tidak peduli di mana mereka sekarang dan mereka juga tidak bisa membaca peta.

Alasan kucing-kucing ini masuk ke dalam kereta? Penghangat ruangan. Suhu udara di Jepang ketika musim dingin bisa mencapai suhu -2 derajat Celcius. Kucing-kucing ini selalu mencari tempat-tempat yang hangat untuk menghangatkan diri mereka supaya tidak kedinginan. Nah kereta metro di Jepang memiliki penghangat ruangan jadi mereka masuk ke dalam kereta untuk menghangatkan diri.

Banyak hal dilakukan kucing-kucing ini selama di perjalanan. Dari mulai duduk, jalan-jalan, tidur, hingga bermain bersama penumpang yang ada di dalam kereta. Dan pastinya mereka naik dengan gratis tanpa beli tiket.


Para penumpang pun tidak merisaukan kehadiran kucing-kucing ini, bahkan beberapa diantara mereka mengajak kucing-kucing ini untuk bermain bersama mereka. Seibu Railway selaku operator Seibu Ikebukuro Line juga tidak mempermasalahkan keberadaan kucing-kucing ini selama mereka tidak mengganggu perjalanan kereta api. Justru kucing-kucing ini bisa jadi media promosi supaya masyarakat mau untuk menaiki kereta di Seibu Ikebukuro Line.

Tapi kucing-kucing ini tidak bisa sembarangan masuk ke dalam kereta. Biasanya mereka akan dikarantina dulu untuk membersihkan bulu-bulu rontok, kutu, dan bermacam-macam parasit yang bisa menyebabkan penumpang alergi sebelum bisa naik kereta.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment