testimoni

testimoni

Mumbai Kedatangan KA Lokal AC untuk Pertama Kalinya

KRL AC buatan ICF yang baru tiba di Mumbai | Foto: Railway Gazette
[6/4/16] KRL berpendingin udara (AC) yang sudah lama ditunggu-tunggu akhirnya tiba di Mumbai pada hari Selasa (5/4). Satu rangkaian KRL yang terdiri dari 12 kereta ini diberangkatkan dari pabrik Integral Coach Company (ICF) Chennai pada hari Jumat (1/4) lalu. Rencananya, KRL ini akan dioperasikan sebagai kereta lokal yang melayani wilayah Mumbai dan sekitarnya.

Pejabat senior Central Railway India mengatakan, KRL ini akan disimpan di dipo Kurla. Teknisi dari ICF dan Bharat Heavy Electricals Ltd (BHEL) yang menyediakan komponen kelistrikan akan melakukan serangkaian ujicoba di rute Thane - Panvel sebelum KRL ini melakukan perjalanan perdananya pada 16 April 2016 mendatang.

Rencana Central Railway untuk meresmikan perjalanan perdana KRL ini pada 16 April didasarkan pada tanggal pengoperasian kereta api pertama antara Boribunder dan Thane, yaitu 16 April 1853.
Interior KRL AC baru untuk layanan kereta lokal Mumbai | Foto: Railway Gazette
KRL AC ini dapat melaju hingga kecepatan maksimum 110 km/jam dengan daya angkut sebanyak 5.964 penumpang per rangkaian, yang terdiri dari 1.028 penumpang duduk dan 4.936 penumpang berdiri.

Dua unit box AC berkapasitas 15 ton ditempatkan di atap KRL sebagai perangkat pendingin ruangan. Tidak seperti kereta lokal lainnya di India yang berjalan dengan pintu terbuka, KRL ini memiliki pintu geser otomatis yang dikendalikan dari kabin masinis.

Katub darurat pembuka pintu disediakan untuk membuka pintu secara manual dalam keadaan darurat. Fasilitas mikrofon bagi penumpang juga disediakan agar penumpang dapat berbicara dengan masinis dalam keadaan darurat.

RE Digest | Tubagus Gemilang Pratama

Disarikan dari:
Times of India
Railway Gazette

About Tubagus Gemilang Pratama

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment