testimoni

testimoni

Yuk Kita Lihat Tampilan Transjakarta "Pinky" Khusus Wanita

Transjakarta yang berlivery pink khusus untuk wanita
Kompas
[22/4/16]. Pada hari Kamis kemarin (21/4/16) bertepatan dengan Hari Kartini Pemprov DKI Jakarta dan PT Transjakarta meluncurkan layanan Transjakarta khusus wanita. Bus "Pinky" Transjakarta ini diresmikan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus istri dari Gubernur DKI Jakarta, Veronica Tan di Balaikota DKI Jakarta. 

Bus "Pinky" Transjakarta ini diluncurkan untuk mencegah tindak asusila yang seringkali dilakukan di dalam bus ketika jam berangkat maupun pulang kerja. Ada 10 bis "Pinky" yang dioperasikan oleh Transjakarta sendiri di Koridor I Jakarta Kota-Blok M. 

Bus Transjakarta khusus wanita ini menggunakan bus Scania gandeng sama seperti yang digunakan oleh Transjakarta biasa. Livery warna pink dipilih untuk membedakan bis ini dari bis biasa serta warna pink selalu identik dengan hal-hal yang bersifat feminim seperti pribadi seorang wanita (walau tidak semuanya begitu). Selain itu, di jendela terdapat tulisan "these girl are smart" dan "habis gelap terbitlah terang" yang tertulis di jendela sisi kiri dan kanan bis.

Tulisan penyemangat bagi para wanita yang tertulis di jendela sisi kiri dan kanan bus
pict by: Aji Priyantono (Forum Diskusi Transportasi Jakarta)
Tak hanya penumpangnya yang wanita, pramudi dan petugas dalam bus juga seorang wanita. Pramudi dan petugas yang bertugas dalam bis ini diseleksi secara khusus oleh PT Transjakarta. Untuk sementara ini baru ada 10 bus yang beroperasi dan baru beroperasi di Koridor 1. Rencananya jumlah bis khusus wanita ini akan diperbanyak dan disebar ke seluruh koridor Transjakarta.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
 

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment