testimoni

testimoni

BTS Purple Line Mulai Diujicoba


[11/5/16]. Bangkok Mass Rapid Transit atau biasa disingkat BTS mengujicoba Jalur Purple Line menggunakan rangkaian KRL buatan Jepang pertama mereka. Dilansir dari NHK, Purple Line merupakan jalur kereta layang yang menghubungkan Stasiun Khong Bang Phai sampai Stasiun Tao Poon.

Jalur sepanjang 23 kilometer ini memiliki 16 stasiun perhentian termasuk 2 stasiun transit, yakni stasiun Nothanburi Civic Center (Pink Line) dan Stasiun Tao Pun (Blue Line). Estimasi waktu tempuh antara Khong Bang Phai sampai Tao Pun sekitar 1 jam.

Jalur ini dibangun atas kerjasama antara Pemerintah Thailand dengan Pemerintah Jepang lewat investasi yang diberikan Pemerintah Jepang senilai 79 Miliar Yen. Selain itu, rangkaian kereta yang digunakan merupakan rangkaian KRL buatan Jepang.

Ini adalah pertama kalinya BTS menggunakan KRL buatan Jepang, karena sebelumnya BTS biasanya menggunakan KRL buatan China. KRL ini dibuat oleh J-TREC sebanyak 21 unit atau 3 set kereta. Satu set kereta ini terdiri atas 7 rangkaian kereta. KRL-KRL ini dilengkapi dengan pendingin udara dan kamera CCTV yang dipasang semenjak aksi terorisme yang terjadi beberapa waktu lalu. 

Rencananya Jalur Purple Line ini akan dibuka pada 6 Agustus 2016 mendatang. Pembangunan tak berhenti di Purple Line. Pada Maret 2016 lalu konsorsium Jepang-Thailand juga berencana membangun jalur komuter Red Line yang menghubungkan Hua Mak-Sala Ya, MRT Yellow Line antar Ratchadapisek-Samrong sejauh 30,4 kilometer, MRT Orange Line antara Taling Chan-Bang Khun Non sejauh 37,5 kilometer, dan MRT Pink Line antara Notanbhuri Civic Center-Min Buri sejauh 34,5 kilometer.    


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Sebagai orang yg pernah negrasain lgsg BTS di Bangkok sana, agak sedikit disayangkan kyknya seingatku blm ada BTS yg singgah di dekat kampus Chulalong Koon sbg kampus UI-nya Bangkok alias salah satu yg tersohor di Thailand gitu... Apalagi yg dekat dg Grand Palace...
    Tp setidaknya bbrp koridor sdh mewakili rute ke tmp2 wisata belanja dan sejarah spt Paragon Siam (sejenis Plaza Indonesia kl di Jkt), Chatuchak (sejenis ps Blok M) dan stasiun Hua Lamphong...
    Btw tiketnya hehe msh kisaran 30 Baht gak yah?

    ReplyDelete