testimoni

testimoni

Delhi Metro Memperkenalkan Armada KRL Tanpa Masinis Terbarunya

Financial Express
[22/5/16]. Dengan jumlah penduduk hampir 2 miliar orang, India sangat membutuhkan transportasi masal yang bisa mengangkut orang dalam jumlah besar. Terlebih dengan tingkat polusi dan kemacetan yang semakin memburuk, kereta api menjadi salah satu opsi transportasi terbaik bagi India untuk mengatasi permasalahan itu.

Pada 17 Mei lalu, Delhi Metro mengujicoba satu rangkaian KRL tanpa masinis terbarunya di Delhi Metro Line 7. Seperti dilansir dari laman Railway Gazette, uji coba ini juga diikuti oleh Menteri Pengembangan Daerah Urban Venkaiah Naidu dan Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal. Uji coba ini dilakukan dari Dipo Mukundpur sampai Stasiun Majlis Park.

Delhi Metro menganggarkan dana sebesar 41,8 Miliar Rupee untuk pengadaan rangkaian ini. Rangkaian ini dibuat oleh Hyundai Rotem pada April 2013 sebanyak 52 set untuk Line 7 dan 29 set
untuk Line 8. Pengiriman rangkaian ini sudah dilakukan sejak pertengahan 2015 lalu.

Yang membuat rangkaian ini berbeda dengan rangkaian Delhi Metro lainnya adalah kereta ini dapat beroperasi tanpa masinis. Pengendalian kereta di sepanjang jalur dilakukan secara terpusat dalam satu sistem. Kereta juga dilengkapi dengan deflektor yang bisa mendeteksi adanya rintang jalan di depan meskipun rintang jalan itu kecil. Meskipun tanpa masinis, kereta tetap dipasangi meja kendali yang dapat digunakan untuk mengoperasikan kereta secara manual apabila sistem tidak berfungsi.

Satu set kereta terdiri atas 6 kereta yang terbagi atas 4 kereta motor dan 2 trailer. Tiap kereta memiliki lebar 3200 milimeter yang beroperasi pada lebar gauge 1435 milimeter. Kereta ini juga dilengkapi dengan fasilitas wifi, peta rute yang dinamis, layar informasi untuk penumpang, kamera CCTV, colokan USB, dan penerangan LED.

Merujuk pada standar DMRC, kereta ini memiliki akselerasi yang jauh lebih cepat namun dengan konsumsi listrik yang lebih sedikit.

Nantinya, rangkaian-rangkaian ini akan beroperasi di Delhi Metro Line 7 atau Pink Line yang membentang dari Dipo Mukundupur sampai Stasiun Shiv Vihar sejauh 58,59 kilometer dan Delhi Metro Line 8 atau Magenta Line yang membentang dari Stasiun Janakpuri West sampai Stasiun Botanical Garden sejauh 36,98 kilometer.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. sudah ku duga , Kereta Rel Listrik tanpa awak telah hadir . makin banyak pengangguran , di antara nya . pekerjaan masinis , juru lansir , kondektur , dan PJL (kereta cepat gk lewat perlintasan) akan hilang sesaat lagi :'(

    ReplyDelete
  2. sudah ku duga , Kereta Rel Listrik tanpa awak telah hadir . makin banyak pengangguran , di antara nya . pekerjaan masinis , juru lansir , kondektur , dan PJL (kereta cepat gk lewat perlintasan) akan hilang sesaat lagi :'(

    ReplyDelete