testimoni

testimoni

Kansas City Streetcar Mulai Dioperasikan

Kansas City Star
[10/5/16]. Warga Kansas City, Amerika Serikat bisa sedikit merasa bahagia. Pasalnya, Kansas City baru saja mengoperasikan moda transportasi dalam kota terbaru yakni Kansas City Streetcar. Dilansir dari Railway Gazette, Walikota Kansas City Sly James meresmikan layanan Kansas City Streetcar pada Jumat (6/5/16) kemarin.

Jalur streetcar sepanjang 3,1 kilometer ini menghubungkan Stasiun Union dengan distrik River Market. Jalur ini memiliki 10 perhentian di sepanjang jalurnya termasuk 3 perhentian satu arah di utara dimana dipo streetcar ini berada. Tak hanya meresmikan, walikota juga turut merasakan perjalanan perdana streetcar baru di kota yang dipimpinnya ini.
Pembangunan jalur streetcar ini sudah dimulai sejak Mei 2014 oleh Herzog Contracting Corp dan Stacy & Witbeck. Jalur streetcar ini dioperasikan dan dirawat oleh Herzog Transit Service dengan kontrak selama 5 tahun sebesar 15,8 Juta Dollar. Ditargetkan streetcar ini dapat mengangkut penumpang sebanyak 2.700 sampai 2.900 penumpang per hari.

Layanan streetcar di Kansas City ini menggunakan satu set low floor tram dua arah buatan CAF pada 2015 lalu. Set ini dibuat di pabrik CAF di Elmira, New York. Rangkaian ini menggunakan listrik bertegangan 750 Volt DC yang dialirkan melalui Listrik Aliran Atas untuk menggerakan motor kereta ini.

Satu set kereta ini memiliki 3 kereta dengan panjang masing-masing 23,6 meter dan lebar 2.650 mm. Satu kereta bisa mengangkut setidaknya 156 orang penumpang dengan perincian 32 orang duduk dan 124 orang berdiri. Streetcar ini beroperasi setiap hari dari pukul 6.00 pada hari kerja dan 7.00 pada akhir pekan sampai tengah malam pada hari Senin sampai Kamis, pukul 2 dini hari pada Jumat dan Sabtu, dan 22.00 pada hari Minggu.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo 



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment