testimoni

testimoni

Matvei Mudrov: Kereta Kesehatan di Siberia, Federasi Rusia

[04/05/2016] Para pembaca tentu sudah familiar dengan KRD kesehatan RailClinic. Ya, KRD yang merupakan modifikasi dari dua unit KRD yang dahulu dipakai penumpang dan diluncurkan 12 Desember 2015 lalu dengan fasilitas klinik dan puskesmas ini merupakan inovasi yang dilakukan PT KAI sebagai pemenuhan tanggungjawab sosial perusahaan mereka.

Akan tetapi, tahukah Anda, bahwa di Rusia sana juga terdapat kereta kesehatan yang telah wara-wiri di wilayah Siberia sejak sekitar 1970an?
KA Matvei Mudrov ketika singgah di salah satu pemukiman di pinggir Danau Baikal, Siberia, Federasi Rusia (Russian Railways)
Enter Matvei Mudrov! KA kesehatan ini adalah KA yang dilengkapi dengan perlengkapan diagnosis yang lengkap seperti EEG dan EKG serta mesin sinar-X dan ultrasonik, laboratorium untuk analisis sampel urin dan darah, serta komplemen sekitar 12-15 dokter. Menariknya, KA ini tidak mempunyai fasilitas untuk melakukan pembedahan; kekuatan utama KA ini justru ada pada fasilitas diagnosis yang amat lengkap. Rangkaian KA ini dinamai Matvei Mudrov, seorang dokter pada abad ke-19 yang merupakan pionir praktik klinis di Rusia, dan saat ini dijalankan oleh badan perkeretaapian nasional Rusia (RZD-Rossiyskie zheleznye dorogi).


KA ini mulai berdinas semenjak akhir tahun 1970an di BAM (Baikal-Amur Mainline-Jalur Utama Baikal-Amur), yang merupakan lintas cabang dari lintas raya Trans-Siberia yang amat terkenal. Lintas ini merupakan lintas sepanjang 4.324km dan berada sekitar 610-770km di utara lintas raya Trans-Siberia, dengan trase yang sebagian besar paralel dengan lintas tersebut. Lintas ini dibangun dari tahun 1974-1984 atas perintah Leonid Brezhnev, pemimpin Uni Soviet (Sekarang Rusia) kala itu, dengan melibatkan sekitar 500.000 pekerja. 



KA ini melakukan sepuluh perjalanan pertahun, dengan masing-masing perjalanan membutuhkan waktu dua pekan, dengan berhenti di 14 pemukiman di sepanjang BAM untuk menyediakan layanan kesehatan. Agak berbeda dengan RailClinic yang pelayanan kesehatannya terpusat di satu stasiun selama satu-dua hari.


"Terapevt Madvei Mudrov"-Terapis Madvei Mudrov (Wikimedia)

Wilayah sekitar lintas BAM ini amatlah terpencil, sehingga KA kesehatan ini seringkali, jika tidak mau dikatakan hampir selalu, adalah satu-satunya fasilitas perawatan kesehatan profesional yang tersedia di wilayah ini. Tidak heran jika masyarakat di sini menganggap bahwa kehadiran KA ini adalah tanda bahwa Rusia mau tahu bahwa mereka ada, dan peduli dengan keadaan mereka.

Kegiatan rutin yang umumnya dilakukan di sana adalah tentu saja pemeriksaan medis terhadap para pasien yang datang dengan berbagai keluhan. Kebanyakan konsultasi dilaksanakan langsung di atas kereta, akan tetapi para dokter juga melayani konsultasi via telepon.

Para kru di KA Matvei Mudrov (William Daniels, National Geographic)
Salah satu cerita datang dari kota Berkakit, yang berada di bantaran jalur BAM. Mengutip dari artikel National Geographic pada tahun 2014, Mikhail Zdanovich, seorang pegawai perkeretaapian yang dulu juga terlibat dalam konstruksi BAM tahun 1976, mengalmi kecelakaan kerja di mana bahunya terkilir ketika melangsir rangkaian KA di suatu dipo kereta pada tahun 2011. Ia menunggu giliran untuk operasi di Khabarovsk, sekitar 1000 mil jauhnya. Ia memeriksakan dirinya untuk menanyakan apakah ia dapat bekerja dalam sementara waktu.


Selain itu, mengutip dari cerita di artikel Dailymail, ada juga seorang pasien dari Khani yang diperiksakan dirinya ke KA ini. Kedua dengkulnya patah ketika terjatuh dari tangga beberapa lalu lalu ketika artikel tersebut ditulis.



Demikianlah cerita singkat dari seluk beluk kelengkapan serta kegiatan KA kesehatan Matvei Mudrov, yang telah lama mengabdi di wilayah Siberia. Menarik kan?



Disarikan dari:


Photos not belonging to me are credited to their sources and owners respectfully.
Photos without credit were created by me. I, the copyright holder of those work, hereby publish it under the Creative CommonsAttribution-Share Alike 4.0 International License.

RE Digest | ARGO SAKURAI/IKKO HAIDAR FAROZY


About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. mohon ralat judulnya
    kesahatan > kesehatan

    ReplyDelete
  2. I'm interested in your article
    I also have the same article that you can read in http://ps-tsi.gunadarma.ac.id
    thank you

    ReplyDelete