testimoni

testimoni

Moeco Meluncurkan IC Card Berbentuk Peta Rute Kereta Tokyo dan Osaka

IC Card edisi terbatas dengan jaringan sirkuit berbentuk peta rute di Tokyo
Tetsudo Shimbun

[31/5/16]. Perusahaan produsen IC Card atau PASMO, Moeco, merilis IC Card edisi khusus. Memang kalau diperhatikan, IC Card ini memang berbeda dengan IC Card atau PASMO pada umumnya. Dia terlihat "telanjang" dengan memperlihatkan jaringan sirkuitnya. Tapi kalau diperhatikan lebih detail, jaringan sirkuit tersebut membentuk jaringan yang tak asing. Ya peta jaringan jalur kereta.

Seperti dilansir dari laman Tetsudo Shimbun, desain ini dibuat menggunakan teknik CAD atau Computer Aid Design sehingga bisa dihasilkan jaringan sirkuit yang terlihat seperti peta jaringan jalur kereta. Diperlihatkan juga cara pembuatan IC Card edisi terbatas ini.



IC Card ini dapat digunakan sebagai tiket perjalanan yang sah. Cara kerjanya hampir sama seperti Suica ataupun PASMO lainnya. Yang membedakan hanyalah bentuknya saja.

Ada 2 edisi IC Card edisi khusus ini. Ada yang sirkuitnya berbentuk peta rute di kawasan Tokyo dan berbentuk peta rute di Osaka. Uniknya lagi, setiap stasiun yang menjadi stasiun transit diwakili dengan komponen elektronik. 

Tiap stasiun transit akan dituliskan kode stasiunnya semisal Akihabara ditulis AKB, Harajuku ditulis HJK, dan lain sebagainya. Khusus Stasiun Tokyo dan Osaka diwakili dengan lampu LED warna merah yang akan menyala ketika IC Card berkontak dengan sensor pada gate.

Tampilan edisi Osaka. Lampu merah yang menyala adalah Stasiun Osaka.

Harganya? Cukup terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 9.720 Yen atau sekitar 1.200.000 Rupiah untuk IC Card edisi Tokyo. Anda yang ingin membelinya dapat memesan IC Card ini secara online melalui website resmi Moeco.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo







About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment