testimoni

testimoni

Shizuoka Railway akan Memulai Peremajaan Armadanya


[3/5/16]. Shizuoka Railway saat ini tengah melakukan peremajaan armada besar-besaran. Hal ini dilakukan untuk mengangkut 11 juta penumpang di 15 stasiunnya selama setahun. Peremajaan itu dilakukan melalui pembelian 12 unit KRL Shizuoka Railway seri 3000 yang dibeli dari J-Tec.

Dalam satu set Shizuoka Railway 3000 ini terdiri atas 2 kereta, itu artinya ada 6 set kereta yang dibeli. Satu kereta memiliki berat kosong 29,5 ton. KRL ini menggunakan teknologi VVVF-IGBT dengan tegangan 600 Volt DC. Bodi kereta ini terbuat dari stainless steel dan mukanya terbuat dari fiber glass.

Satu kereta memiliki panjang 18 meter, lebar 2742 mm, dan tinggi 1015 mm. Desain kereta ini terlihat sangat unik. Lampu semboyan 20 berbentuk segitiga mendekati bagian tengah kereta. Semboyan 21nya diletakan di tengah dengan posisi memanjang seperti lighstick. 

Bagian muka kereta diwarnai dengan warna hitam-biru, sedangkan badannya memiliki livery warna biru langit yang memanjang dari bagian depan sampai belakang kereta

Interior kereta juga memiliki desain yang cukup modern. Desain kereta di buat sedikit lebih luas ketimbang Shizuoka Railway 1000. Warna interior didominasi warna abu-abu terang untuk memberikan suasana cerah di dalam kereta. Bangku kereta diwarnai biru untuk menyesuaikan dengan warna interior. Display digital juga ditempatkan di atas pintu. Penerangan kereta menggunakan lampu LED yang dipercaya hemat listrik.



Nantinya, keseluruhan 12 set Shizuoka Railway 3000 ini akan menggantikan Shizuoka Railway 1000 yang sudah beroperasi sejak 1980an dan sebentar lagi akan memasuki masa pensiunnya.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Railway Gazette

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment