testimoni

testimoni

Spot Fotografi Sepur yang Menarik di Jabodetabek (part 1)

Meskipun kini Jabodetabek telah berubah menjadi wilayah yang cenderung metropolis, dengan kereta-kereta ala metropolis juga, namun masih banyak keindahan tersembunyi yang dapat menjadi tempat untuk berburu foto kereta-kereta listrik maupun kerea api jarak jauh di kawasan ibukota ini.

Tikungan, sawah, pemukiman, jembatan, perlintasan, dan bahkan stasiun besar dengan view yang luas dan rel yang banyak pun ada di sini. Spot-spot ini tersembunyi atau mungkin tidak terlalu tersembunyi namun tidak begitu diperhatikan oleh orang-orang.

Salah satu spot tikungan karena penulis suka nikung orang favorit penulis adalah tikungan keluar Stasiun Pondok Jati. Stasiun ini relatif sepi, anda motret di sini pun gak akan terlalu dinotice sama orang lain. Selain itu kesunyian stasiun juga membuat anda bisa menggalau, nginget masa lalu sama mantan misalnya... Eh...

KRL seri 6000 dengan nomor rangkaian 6133F berangkat dari stasiun Pondok Jati

Selain di stasiun kecil seperti Pondok Jati, stasiun transit seperti Manggarai juga menawarkan view yang mungkin menggoda para pemotret sepur untuk hunting di sini. Beberapa titik di Manggarai bisa jadi sangat menarik pada momen-momen tertentu. 

Contohnya seperti Spot di peron jalur 5/6 Staiun Manggarai, spot ini sangat ciamik apabila anda memotret Krl 12Sf karna anda dapat memotret kepanjangan Krl tersebut dari kereta 1 sampai kereta 12 dan kereta 12nya itu masih meliuk diwesel. Panjangnya jumlah kereta memberikan kesan tersendiri ketika KRL 12 kereta meliuk melintasi wesel.


Anda bisa dapat bagian depan kereta yang sudah berbelok, bagian tengah yang sedang berbelok, serta bagian belakang yang belum berbelok.
Krl JR 205-22+27 Memasuki Stasiun Manggarai

Apabila anda sampai distasiun Manggarai pastikan anda tidak lupa mencoba spot ini , karena dari sudut ini anda bisa memotret kereta dari kereta ke1 sampai dengan kereta ke12



Uji coba Krl Holec Ac Ts3 Memasuki Stasiun Manggarai

Begitu juga dengan jalur 4, yang memungkinkan pandangan lain dari liukan KRL di wesel ketika ada KRL yang masuk jalur 3 dari arah Tebet.

Ka Istimewa Wijaya Kusuma Melintas Manggarai

Setelah spot dari peron jalur 5/6 stasiun Manggarai , coba anda bergeser keperon jalur 7 stasiun Manggarai ini , apabila cahayanya mendukung anda akan bisa memotret Ka Majapahit ini dengan indah. Peron yang masih merupakan peron rendah membuat anda bisa memotret kereta yang sedang dilangsir dengan posisi low angel.

Ka 150 Berangkat Stasiun Manggarai
Dari Manggarai kita akan bergeser ke utara kota Jakarta, lebih tepatnya di Kampung Bandan. Stasiun ini memiliki tikungan tajam yang sangat indah di ujung peron arah barat (Angke). Untuk memotret di tiber ini anda tidak perlu keluar dari stasiun karena tikungannya sendiri ada di dalam stasiun. Posisi terbaik untuk memotret di tiber ini ialah di peron 1 Stasiun Kampung Bandan.

Krl Toei 6168 Berangkat Stasiun Kampung Bandan
Selain bisa memotret tiber, anda juga bisa memotret KRL relasi Jakarta Kota-Tanjung Priok di jalur 4 dan 5 yang ada di lantai 2 stasiun.

Krl Kfw Melintas Kampung Bandan-Ancol
Tidak puas hanya motret KRL Priok atau Bogor saja? Kenapa tidak dua-duanya? Anda bisa memotret kereta yang melintas di lantai 1 maupun lantai 2 stasiun dari atas tempat parkir WTC Mangga Dua. Waktu yang disarankan untuk memotret di Stasiun Kampung Bandan dan WTC Mangga Dua ialah saat pagi dan siang hari karena pada sore hari foto akan menjadi backlight karena posisi spot yang menghadap barat.

KRL tujuan Jakarta Kota dari Tanjung Priok di lantai 2 dan seruntulan lokomotif di lantai 1
Setelah berkutat dengan ibukota kita akan bergeser sedikit ke selatan, yakni di daerah Citayam, Depok, Jawa Barat. Di Citayam anda bisa mendapatkan spot lurus dan belok secara bersamaan. Selain itu, percabangan Nambo juga bisa menjadi spot menarik untuk memotret KRL dan kereta semen. Viewnya yang luas membuat anda mudah untuk mengakali sudut.


Uji coba Krl JR 205-19+28 Melintas petak Citayam-Bojong Gede

Jika anda ingin memotret kereta agar terlihat keseluruhan , disinilah tempatnya yaitu dipertengahan antara Citayam-Bojong Gede atau lebih tepatnya diwarung jambu , untuk kesini anda bisa menggunakan kendaraan umum yaitu dengan Angkutan Perkotaan 05.

Uji coba Krl 8007 Persiapan melintas Stasiun Citayam
Nah jika anda ingin kelokasi ini anda tidak perlu pusing untuk mencari kendaraan untuk kesini , karna lokasi ini dekat dengan Stasiun Citayam , memang ruang geraknya agak sempit , tapi apabila anda pintar mencari tempatnya akan menghasilkan foto yang bagus.

CC 201 89 02 Ft Gerbong Datar melintas petak Citayam-Pondok Rajeg
Jika anda bingung ini memotret kereta ke Nambo dengan view yang berbeda disinilah tempatnya , disini menawarkan keindahan salah satu dari daerah Citayam , untuk mengakses kesini andaa cuma bisa menggunakan kendaraan bermotor.

Krl 6123 Metro Berangkat Stasiun Depok

Lokasi foto berikut tempatnya hanya beberapa meter saja dari Stasiun Depok , spot ini juga cukup bagus bila anda yang bertempat tinggal diDepok dan sekitarnya untuk mengirit ongkos.
Uji coba Krl JR 205-30 Persiapan melintas Stasiun Citayam
Nah itulah bagian dari Spot Fotografi Sepur yang Menarik diJabodetabek part 1 . Pastikan jika anda sedang memfoto kereta diStasiun anda harus selalu perhatikan garis aman peron dan tidak menggangung penumpang yang lainnya.


RE Digest | Adnan Jarkasih

About Adnan Jarkasih

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment