testimoni

testimoni

Akhirnya JR West Seri 323 Diluncurkan Juga!

Peluncuran KRL seri 323 oleh JR West (Jorudan)
[24/06/16] Setelah penantian panjang pasca desain dari KRL seri 323 dikeluarkan dalam konferensi pers oleh West Japan Railway Company (JR West) pada akhir 2014 dan pertanyaan "apakah ini kereta cuma PHP (Pemberi Harapan Palsu-REDaksi) doang?" bermunculan setelah selama beberapa bulan di awal 2016 tidak ada kabar lebih lanjut, akhirnya pada siang ini muncullah wujud rangkaian pertama yang telah jadi.

Seperti yang dilansir oleh Tetsudo Shinbun, KRL ini direncanakan akan berdinas di lintas Osaka Loop Line (Jalur Lingkar Osaka) untuk menggantikan rangkaian KRL seri 103 dan seri 201 yang sudah menua di lintas tersebut, dengan stamformasi 8 kereta seperti pendahulunya.

KRL ini memiliki struktur bodi stainless steel dengan striping oranye, mengikuti tradisi warna oranye yang telah digunakan sejak lama pada KRL di Jalur Lingkar Osaka. Akan tetapi, ada satu perbedaan kunci yang dimiliki oleh rangkaian KRL seri ini, yaitu jumlah pintunya dibuat menjadi tiga per sisi, bukan empat seperti pada KRL seri 201 dan 103 yang telah lama berdinas, yang bertujuan untuk menstandardisasi posisi pintu (Karena rangkaian lain yang juga lewat Jalur Lingkar Osaka punya tiga pintu). Selain itu, pada kereta nomor 4 yang dijadikan kereta khusus wanita, terdapat corak pink di tempat striping oranye besar, yang sekilas meningatkan pada papan mika penanda kereta khusus wanita di Indonesia.
Kereta khusus wanita pada rangkaian KRL seri 323 (Jorudan)
Jika dilihat sekilas, tampak luar KRL ini amat mirip dengan KRL seri 225 yang telah berdinas di wilayah Keihanshin (Kyoto-Osaka-Kobe) sejak 2010.
KRL JR West seri 225 yang telah lebih dulu berdinas. Sekilas seperti saudara kembarnya seri 323 (Wikimedia Commons)
Dari segi interior, KRL ini didesain untuk meningkatkan kapasitas angkut dengan optimalisasi layout kursi dan bentuk pembatas kursi sehingga ruang untuk penumpang berdiri lebih banyak terutama pada kereta nomor 8, dan pada tempat duduk prioritas ditambahkan sandaran tangan. Selain itu, dilakukan redesain pada pegangan tangan agar dapat lebih mudah diraih. Tentu saja, sesuai dengan standar angkutan komuter modern, disediakan juga tempat khusus untuk kursi roda.
Interior KRL JR West seri 223 pada kereta nomor 8 yang didesain untuk meningkatkan ruang berdiri (Jorudan)
Selain itu, peningkatan kualitas pelayanan dilakukan dengan pemasangan layar monitor di atas pintu-pintu kereta serta di pintu persambungan, yang dapat menampilkan empat bahasa (Jepang, Inggris, Tionghoa, dan Korea) untuk memudahkan orang asing mengerti informasi yang disampaikan, dan juga disediakan layanan Wi-Fi gratis.
Panel monitor di atas pintu persambungan serta label Wi-Fi (Jorudan)
KRL seri ini direncanakan akan berdinas mulai tahun fiskal 2016 dan akan secara bertahap menggantikan rangkaian KRL seri 103 dan 201 di Jalur Lingkar Osaka sampai tahun 2018. Mari kita nantikan kapan KRL seri ini akan memulai debutnya di Jepang!

Disarikan dari:
Tetsudo Shinbun
Jorudan
Wikipedia
JR West

Photos not belonging to the author are credited to their sources and owners respectfully.
RAILWAY ENTHUSIAST DIGEST|IKKO HAIDAR FAROZY/ARGO SAKURAI

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment