testimoni

testimoni

Dua Jalur Kereta Api di Kalimantan akan Mulai Dibangun Tahun 2017

Kaskus

[27/6/16]. Setelah terkatung-katung tanpa kejelasan kapan dimulainya proyek kereta api Trans Kalimantan. Akhirnya kejelasan itu tiba juga. Seperti dilansir dari Suara.com, menurut Kepala Perwakilan PT Kereta Api Borneo M Yadi Sabian pembangunan dua jalur kereta api di Kalimantan akan dimulai dalam waktu yang berbeda.

Ada dua jalur yang akan dibangun, yakni jalur utara dan jalur selatan. Untuk jalur utara sendiri pembangunannya akan dimulai pada Desember 2016. Sedangkan jalur selatan akan mulai dibangun pada 2017 mendatang. 

Yadi mengatakan pembangunan kedua jalur ini akan dilakukan secara bertahap. Untuk jalur selatan, pembangunan akan dimulai dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Jalur selatan ini akan membentang sejauh 203 kilometer sampai Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. 

Sedangkan untuk jalur utara, pembangunannya akan dimulai dari Kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jalur utara ini nantinya akan membentang sejauh 217 kilometer sampai ke Lubug Tutung, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. 


Nantinya kedua jalur ini akan terhubung di intersection yang berada di perbatasan Kutai Barat dengan Kutai Kartanegara. Selain itu, jalur ini juga akan terhubung dengan kawasan ekonomi di Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) yang berada di Kutai Timur.

Lahan seluas 140 hektare di Kabupaten Penajam Paser Utara sudah dibebaskan oleh perusahaan holding dari KAB, Russian Railway. Lahan seluas itu nantinya akan digunakan untuk membangun kawasan technopark, pelabuhan, dan jalur lingkar untuk kereta api. Tiga infrastruktur inilah yang akan dibangun terlebih dulu oleh Russian Railway.

Groundbreaking proyek kereta api Trans Kalimantan ini sendiri sudah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 19 November 2015 lalu sebagai bagian dari proyek strategis di Kalimantan Timur. Proyek ini ditargetkan rampung selama 5 tahun.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment